Jangan Kaget, Pengemis di Dubai Bisa Dapatkan Rp981 Juta Per Tahun!!

Reporter : | 12 Jan, 2018 - 1:12 pm WITA

Pengemis kaya dubai (foto: The Khaleej Times)

Pengemis kaya dubai (foto: The Khaleej Times)

MANADOTODAY.CO.ID – Semua orang tahu bahwa Dubai adalah kota yang kaya, saking kayanya, bahkan pengemis pun bisa mendapatkan uang yang sangat banyak. Mengemis di Dubai sangat menguntungkan sehingga orang-orang datang ke UAE secara legal, bahkan ada yang mengurus visa perjalanan tiga bulan hanya untunk mengemis di jalanan. Mungkin terdengar mengejutkan, namun beberapa dari mereka yang disebut “pengemis profesional” atau “pengemis cerdas” bisa mendapatkan sampai Dh270.000 (Rp981,8 juta) per bulan!!.

Laporan pengemis profesional yang memanfaatkan kemurahan hati warga Dubai yang kaya telah muncul secara online selama tiga tahun terakhir, namun, terlepas dari upaya terbaik polisi setempat untuk memberantas praktik tersebut, fenomena makin meluas dengan beberapa sumber melaporkan bahwa sekarang ada gerombolan orang Arab dan Asia membawa pengemis ke Dubai secara legal dan kemudian mengambil sebagian besar pendapatan mereka.

Perlu anda tahu bahwa pengemis di Dubai bukanlah pengemis sembarangan. Mereka disebut pengemis profesional atau cerdas karena suatu alasan. Pertama-tama, mereka menargetkan orang-orang yang “terlihat kaya” dan memiliki kisah menyedihkan yang dilatih dengan baik, sering melibatkan keluarga yang sedang tidur di jalanan atau tinggal di daerah yang dilanda perang dan sangat membutuhkan bantuan. Jika mendapatkan target yang tepat, mereka bisa mendapatkan Dh1000 (Rp3,6 juta) atau lebih, dari satu orang saja.

“Mereka meyakinkan orang-orang dengan cerita mereka dan mendapatkan simpati mereka. Dulu saya memberi uang kepada orang-orang seperti itu. Kemudian saya menyadari bahwa ini telah menjadi fenomena dan mengabaikan cerita mereka, “Nawal Al Naqbi, seorang penduduk Dubai, mengatakan kepada The Khaleej Times.

Pemerintah daerah telah melakukan kampanye sepanjang tahun untuk melawan para pengemis profesional ini, terutama setelah menemukan berapa banyak uang yang dapat mereka ‘rampok’ dari penduduk Dubai. Pada 2016, polisi menangkap seorang pengemis yang menghasilkan lebih dari Dh270.000 (Rp981 juta) sebulan. Dia, seperti kebanyakan pengemis cerdas lainnya, seorang turis dengan visa tiga bulan yang valid.

“Melalui perhitungan kami, kami menemukan bahwa pengemis tersebut memperoleh rata-rata hampir Dh9,000 per hari, yang setara dengan Dh1,500 per jam setengah. Tapi kami percaya bahwa lebih banyak uang dikumpulkan pada hari Jumat, terutama jika mereka berdiri di depan masjid, “kata Faisal Al Badiawi, Kepala Bagian Pasar di kota tersebut.

“Beberapa pengemis membawa paspor yang dikeluarkan dengan visa bisnis atau turis. Dalam kampanye tersebut, kami menemukan bahwa sebagian besar pengemis telah memasuki negara secara legal dengan visa tiga bulan, untuk mengumpulkan uang sebanyak yang mereka bisa selama berada di sini, “tambah Al Badiawi.

Tahun 2017 lalu, ada 65 pengemis profesional yang ditangkap tepat pada hari-hari pertama bulan Ramadhan, bersama dengan anggota geng yang beroperasi di belakang layar. Polisi juga meminta kepada publik untuk menelepon hotline setiap kali mereka melihat pengemis.

“Kami telah meningkatkan pelayanan patroli Sanad di berbagai bagian emirat untuk menangkap para pengemis, namun tantangan utamanya adalah sulitnya mengenali pengemis. Tidak seperti sebelumnya, sekarang sangat sulit untuk mengidentifikasi mereka karena mereka juga tampil berpakaian rapi dan cerdas, “kata seorang perwira polisi senior tahun lalu.

sumber: The Khaleej Times

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.