Reses, Senator SBAN Liow Temukan Tunggakan Pembayaran Klaim BPJS Kesehatan

Senator Stefanus BASN Liow saat kunjungan kerja di RS Prof Kandou
Senator Stefanus BASN Liow saat kunjungan kerja di RS Prof Kandou

MANADO, (manadotoday.co.id)—Saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka penyerapan aspirasi di Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Rumah Sakit Prof Kandou Malalayang Manado, RS GMIM Pancaran Kasih Manado, anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) asal Sulawesi Utara Ir Stefanus BAN Liow menemukan adanya tunggakan klaim BPJS Kesehatan.

Sontak Stefanus BAN Liow menyatakan keprihatinannya karena adanya tunggakan tersebut berimbas pada terganggunya pelayanan rumah sakit seperti keterbatasan penyediaan obat-obatan, makan minum pasien dan sarana lainnya.

‘’Malahan, saya mendapat informasi jika ada rumah sakit swasta terancam untuk tidak membayar gaji karyawan dan karyawati. Suatu tanda awas jika tiga bulan ke depan pemerintah pusat dan BPJS Kesehatan tidak segera melakukan pembayaran klaim,’’ tandas Stefa-sapaan akrabnya senator yang sangat aktif ini.

Kondisi tersebut lanjutnya, bisa mengakibatkan adanya rumah sakit tidak dapat melakukan operasional. Data yang diperoleh SBAN Liow, pembayaran klaim kesehatan BPJS Kesehatan kepada RS Prof Kandou sekitar Rp70 Miliar, RS GMIM Pancaran Kasih sekitar Rp6 Miliar dan miliaran rupiah lainnya di RS lainnya.

Reses Senator Stefanus BAN Liow
Reses Senator Stefanus BAN Liow

SBAN Liow berharap pemerintah dan BPJS kesehatan segera mungkin untuk mengatasinya. ‘’Kami akan meminta Pimpinan Komite III DPD-RI untuk mengundang Menteri Kesehatan RI dan Direksi BPJS Kesehatan sebagai mitra kerja melaksanakan rapat kerja untuk meminta penjelasan langsung,’’ tukasnya.

Tunggakan klaim BPJS kesehatan telah menjadi masalah nasional. Jadi bukan hanya Sulut saja.  Meski demikian SBANL meminta masyarakat termasuk pasien untuk tidak panik ia percaya pihak pemerintah dan Direksi BPJS Kesehatan terus mencari solusi terbaik dan diharapkan dalam waktu sesingkat-singkatnya ditanggulangi.

Dalam beberapa hari terakhir ini SBANL yang juga menjabat Ketua Komisi Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM melakukan kunjungan kerja sekaligus tatap muka dengan Kadis Kesehatan Sulut dr Debby Kalalo, Direktur RS GMIM Pancaran Kasih Manado dr Frangky Kambey dan Direktur Utama BLU RS Prof Kandou Malalayang Manado dr Maxi Rein Rondonuwu DHSM,MARS. (ark)