Petugas Bank Habis Waktu 6 Bulan Menghitung 1,2 Juta Uang Koin Dengan Tangan

Reporter : | 18 Des, 2017 - 9:23 pm WITA

1,2 Juta Uang Koin, Deutsche Mark, Bundesbank

(foto: Matd13/Wikimedia Commons)

MANADOTODAY.CO.ID – Satu keluarga di Bremervörde, Jerman, menerima warisan lebih dari 1,2 juta uang koin dengan berat sekitar 2,5 ton. Meskipun kata warisan selalu terdengar menyenangkan, namun dalam kasus khusus ini, menghitung uang koin sebanyak itu ternyata jauh lebih sulit daripada membawanya.

Semuanya dimulai 30 tahun yang lalu, ketika seorang supir truk Jerman mulai menabung koin 1 pfennig (0,01 Deutsche Mark) dan 2 pfennig (0,02 Deutsche Mark) untuk keluarganya. Ia berhasil mengumpulkan sekira 1,2 juta koin sampai kematiannya, awal tahun ini, semuanya diwariskan ke keluarganya. Kini, Deutsche Marks sudah tidak lagi beredar sejak 2002, namun, Bundesbank – bank sentral Jerman – masih menukarkan mata uang lama tersebut, sehingga keluarga masih bisa mengumpulkan warisan mereka. Yang harus mereka lakukan hanyalah menghitung koin secara manual.

2.5 ton koin terdiri dari 1 dan 2 pfennig, harus dikirim dengan mobil van ke cabang Bundesbank di Oldenburg, pada bulan Mei, di mana petugas Wolfgang Kemereit, diberi tantangan monumental untuk menghitung koin dengan tangan. Biasanya, bank menggunakan mesin khusus untuk menghitung koin dalam jumlah besar, tapi tidak dalam dalam kasus ini, karena banyak koin sudah berkarat dan saling menempel. Jadi, Kemereit, harus menghabiskan waktu lebih dari 6 bulan untuk menyelesaikan tugas mulia tersebut.

“Saya menghitung koin satu per satu. Saya cukup menikmati melakukan hal-hal seperti itu, jadi dalam hal ini tidak menjadi masalah.” katau Wolfgang Kemereit baru-baru kepada NDR 1.

Jika anda bertanya-tanya berapa banyak yang keluarga warisi dari 1,2 juta koin, maka jangan kaget karena yang keluarga tersebut terima hanya € 8.000 euro (Rp127,7 juta).

Menariknya, Bundesbank memperkirakan bahwa Jerman masih menimbun sekira 12,65 miliar Deutsche Marks. Beruntung bagi mereka, bank sentral masih berencana untuk terus menukarnya dengan euro tanpa batas waktu.

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.