Olly Ajak Masyarakat Sulut Kembalikan Kejayaan Maritim Nusantara

Pemprov Sulut Gelar Upacara Peringatan Hari Nusantara

Hari Nusantara di Sulut.
Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sulut, Rudi Mokoginta, mewakili Gubernur Olly Dondokambey memimpin peringatan Hari Nusantara Pemprov Sulut.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menyatakan, keinginan besar para pejuang dan pendiri bangsa terdahulu sangat tinggi, salah satunya menjadikan nusantara sebagai kekuatan dalam pembangunan.

“Sebagai generasi penerus, kita harus menjadikan keinginan itu sebagai sumber inspirasi kekuatan dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara yang kuat, sejahtera dan berdaulat,” kata Olly dalam sambutan yang dibacakan Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sulut, Rudi Mokoginta, pada acara peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan di halaman kantor gubernur Sulut, Selasa (12/12/2017).

Menurut Olly, yang menjadi tuntutan bagi semua komponen bangsa saat ini dan kedepannya adalah, mengembalikan kejayaan maritim dan menetapkan “poros maritim” sebagai visi bagi kejayaan nusantara, atau cita-cita pembangunan bangsa Indonesia.

“Dengan berdasarkan rasionalitas sederhana bahwa bangsa ini bangsa yang hidup dan tinggal di wilayah yang terdiri dari pulau-pulau dan saling terhubung melalui sektor kelautan,” ujarnya.

Lanjut Olly, upaya mewujudkan tuntutan tersebut tidaklah mudah. Menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan bermartabat memang sebuah tantangan besar.

“Namun tentunya kita sepakat bahwa tuntutan itu tidak mustahil kita upayakan, jika kita senantiasa bertindak dalam lajur kebersamaan, menjunjung tinggi semangat gotong royong dalam berkarya, dan berada dalam bingkai persatuan,” bebernya pada acara yang bertema gotong royong dalam kebhinnekaan di Nusantara guna mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia itu.

Lebih jauh, masih dalam sambutan, Olly mengajak semua pemangku kepentingan agar senantiasa menyadari bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai salah satu terpanjang di dunia utamanya senantiasa bergotong royong, saling bahu membahu, bekerja bersama, bersama bekerja, tidak memandang perbedaan satu sama lain.

“Ini akan dicapai dalam gerak langkah untuk terus menjaga dan mempertahankan kemanan dan pertahanan dengan basis maritim, serta mengkombinasikan antara kekuatan ekonomi dan keamanan yang solid dalam konsep kemaritiman, guna mewujudkan negara yang sejahtera, demi meraih cita-cita Indonesia yang berdaulat dan bermartabat,” imbuhnya.

Diketahui, potensi wilayah Provinsi Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi kepulauan yang terletak pada 0030′ – 5035′ LU dan 123030′ – 127000′ BT. Disamping itu mempunyai luas perairan 454.481 km2 yang terdiri dari laut teritorial seluas 264.481 km2 dan perairan ZEE seluas 190.000 km2, dengan panjang perairan pantai 1.837,29 km, serta memiliki posisi geografis yang sangat strategis karena terletak di bibir pasifik tentunya Provinsi Sulawesi Utara dapat memberikan “kontribusi besar” dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Turut hadir pada upacara itu, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat John Palandung, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut Ronald Sorongan, para pejabat dan pegawai di Lingkup Pemprov Sulut. (ton)