Gubernur Sulut akan Terima Penghargaan Dibidang HAM

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, akan menerima penghargaan di bidang Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna H. Laoly.

Kepala Biro PKKP Clay June Dondokambey, mengatakan, penghargaan yang akan diberikan pada eringatan Hari HAM Sedunia ke-69 Tahun 2017, Minggu (10/12/2017), karena Sulut dinilai sebagai provinsi peduli HAM di Indonesia.

Dijelaskan dia, penghargaan ini rencananya diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo di Hotel The Sunnan, Solo, Jawa Tengah.

“Pak Gubernur Olly dinilai berhasil melaksanakan pelayanan publik bidang HAM yang kriterianya diukur dari besarnya persentase jumlah kabupaten dan kota di Sulut yang berhasil melaksanakan pelayanan publik sebanyak 11 kabupaten dan kota,” terang Clay.

Adapun peringatan Hari HAM Sedunia tahun ini mengangkat tema Kerja Bersama, Peduli Hak Asasi Manusia untuk Indonesia maju sejahtera. Penghargaan di bidang HAM ini seakan melengkapi berbagai penghargaan lainnya yang telah diterima Pemprov Sulut dari diberikan pemerintah pusat, seperti penghargaan dari Kementerian PU-PR karena telah berkontribusi dalam memberikan kemudahan layanan perizinan dalam pembangunan perumahan.

“Kemudian Penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) dari Kemendagri karena berhasil menjamin kebebasan hak sipil,” jelas Clay.

Selanjutnya, penghargaan Anugerah Kita Harus Belajar (KIHAJAR) 2017 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menunjukkan kepedulian dan komitmen terhadap pengembangan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) untuk dunia pendidikan dan kebudayaan serta berbagai penghargaan lainnya. (ton)