Sekertaris Wantimpres Apresiasi Inovasi Pemkot Bitung Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi

Reporter : | 08 Des, 2017 - 12:36 pm WITA

Wantimpres IGK Manila, Inovasi Pemkot Bitung SEKRETARIS Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) IGK Manila, melakukan kunjungan kerja di Kota Bitung. Kedatangan tim Wantimpres disambut Walikota Bitung Maximilian J Lomban SE MSi di kantor Kementrian Kelautan dan Perikanan Kota Bitung, kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Kota Bitung, Rabu (6/12/2017).

Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai hal, antara lain kondisi sektor perikanan Kota Bitung dan keberadaan penduduk asing yang bekerja di Kota Bitung. Pertumbuhan ekonomi Kota Bitung menurut Lomban, sangat bergantung pada sektor perikanan. Dari tahun ke tahun Kota Bitung mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan. Namun sejak diberlakukannya kebijakan Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, tepatnya awal 2015, dampaknya sangat terasa.

Wantimpres IGK Manila, Inovasi Pemkot Bitung “Banyak industri perikanan mulai tutup yang memicu meningkatnya angka pengangguran, serta merosotnya kondisi perekonomian Kota Bitung. Namun mulai tahun kemarin pemerintah mulai mengantisipasi keadaan ini dengan memaksimalkan potensi pariwisata,” Lomban.

Lanjutnya, berbagai hal telah ditempuh Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung untuk memulihkan kondisi di sektor perikanan ini, bahkan pada akhir bulan September 2017, Pemkot Bitung telah membahas permaslahan ini bersama Komisi IV DPR RI yang diketuai oleh Edy Prabowo, untuk dicarikan solusi terbaik guna mengatasi hal ini agar tidak berlarut-larut.

Wantimpres IGK Manila, Inovasi Pemkot Bitung “Lewat pertemuan tersebut, sudah ada solusi, dimana akan dikeluarkannya perubahan peraturan terkait penangkapan dan transhipment Kota Bitung. Namun realisasinya, sampai saat ini belum ada keputusan yang jelas dari Kementrian Perikanan dan Kelautan RI,” tukas Lomban.

Lewat pertemuan itu Lomban berharap tim bisa melihat langsung kondisi perikanan Kota Bitung dan bisa bersama sama mencari jalan keluar untuk perbaikan pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor perikanan.

Sementara itu, Manila mengapresiasi Pemkot Bitung yang tidak terpaku pada terpuruknya kondisi ekonomi akibat lemahnya sektor perikanan, melainkan berusaha berinovasi dengan berbagai cara untuk memingkatkan ekonomi, lewat terobosan positif dalam bidang pariwisata dimana program tersebut terbukti berhasil.

“Apa yang kami lihat saat ini, juga data dan laporan yang ada sekarang, akan menjadi bahan evaluasi kami. Dan sudah merupakan tugas kami untuk menyampaikannya kepada pimpinan dalam hal ini Presiden, sehingga akan ada jalan keluar terbaik dari masalah ini,” pungkasnya.(kys/adv)

Baca Juga :

Leave a comment