Rawung Tanam Mangrove di Pesisir Lembeh

 Hari Menanam Pohon Nasional, Dra Khouni Lomban Rawung BITUNG, (manadotoday.co.id) – Memperingati Hari Menanam Pohon Nasional Tahun 2017, Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung, melakukan penanaman bibit pohon mangrove di pesisir pantai Kelurahan Paudean, Kecamatan Lembeh Selatan, Kamis (7/12/2017).

Rawung mengatakan, hutan mangrove di Indonesia kini tidak luput dari permasalahan lingkungan. Akibat pengelolaan yang tidak tepat, ekosistem hutan mangrove di pesisir pantai Indonesia terancam punah, sehingga akan mempercepat proses abrasi pantai dan dalam beberapa tahun kedepan, garis pantai akan lebih cepat bergeser ke arah daratan.

“Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional Tahun 2017, maka saat ini kami TP-PKK Kota Bitung bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Bitung, berkolaborasi menyiapkan bibit bibit mangrove yang ditanam disepanjang pesisir pantai Paudean. Kami memilih tanaman mangrove karena ada banyak manfaat darinya yang sangat berguna bagi ekosistem sekitar yaitu mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring alami, sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa, juga berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir,” jelasnya.

Rawung mengapresiasi semua pihak yang ikut mendukung kegiatan tersebut yaitu TP-PKK Kota Bitung, DLH Kota Bitung, POSSI Kota Bitung, aparat Kecamatan Lembeh Selatan, Kelurahan Paudean, Tokoh Agama, serta masyarakat Paudean sembari berpesan agar kiranya masyarakat dan para stakeholder untuk berperan aktif menjaga kebersihan dan kelestarian selat Lembeh.(kys)