Mulai Dari Roti Hingga Restoran, Inilah 7 Benda Tertua di Dunia

Reporter : | 05 Des, 2017 - 2:06 pm WITA

Benda Tertua di Dunia, roti tertua, restoran tertua

Kepala Mumi orang Chinchorro (foto: Wikimedia Commons/Pablo Trincado))

MANADOTODAY.CO.ID – 24/7 Wall St, telah membuat daftar bedan-benda yang mampu “Bertahan hidup,” bukan yang pertama di kelas mereka, melainkan yang berhasil bertahan paling lama.

1. Pohon: pohon tertua, Pine Bristlecone ditemukan di sebuah di White Mountains di California, lokasi tepatnya dirahasiakan. Pohon tersebut 5.067 tahun, mengalahkan rekor untuk pohon tertua di Eropa.

2. Foto: “View from the Window at Le Gras” karya Joseph Nicéphore Nieppce, diambil pada tahun 1826 atau 1827, dan 24/7 Wall St. menyebutnya sebagai “perkembangan teknologi yang menakjubkan.” Sebenarnya Niépce sempat mengambil sebuah foto pada tahun 1822, namun dia menghancurkan foto tersebut.

3. Restoran: Berbicara tentang hal yang menakjubkan,Stiftskeller St. Peter, telah beroperasi di Salzburg, Austria, sejak tahun 803. Restoran terus melayani pelanggan di gedung yang sama selama lebih dari satu milenium.

4. Bangkai Perahu: Temuan ini merupakan proyek yang relatif baru, dibuat pada tahun 2014 oleh para arkeolog dari Universitas Ankara yang bekerja di Pelabuhan Urla di Turki. Di sana, mereka menemukan sebuah kapal yang diyakini berusia 4.000 tahun, jauh sebelum pelabuhan tersebut beroperasi sekira abad ketujuh SM.

5. Makanan: Apa yang semula dianggap arang saat ditemukan di Oxfordshire, Inggris, ternyata adalah roti dibakar yang telah berumur sekira 5.500 tahun yang lalu, saat era Neolitik.

6. Mumi: Jika dugaan anda melibatkan Mesir, anda salah. Mimi Chinchorro dari Chile telah berumur 5.050 SM. Orang-orang Chinchorro yang tinggal di Gurun Atacama, me-mumifikasi rekan mereka yang mati.

7. Alat Musik: Penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa seruling tulang yang ditemukan di Gua Hohle Fels, Jerman, dibuat sejak tahun 41.000 SM. Tulang-tulang itu dulunya milik mammoth.

sumber: newser.com

Baca Juga :

Leave a comment