Jadi Tuan Rumah HKN ke-53, Gubernur Dondokambey Puji Kepemimpinan JS-RK

Reporter : | 05 Des, 2017 - 11:26 am WITA

HKN, HKN 2017, HKN mitraRATAHAN, (manadotoday.co.id) – Kabupaten Minahasa Tenggara dipercayakan menjadi tuan rumah hari puncak pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Provinsi, dengan mengambil tema Sehat ‘Keluargaku Sehat Indonesiaku’.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Ronald Kandoli selama empat tahun, yang bisa membawa Mitra terlepas dari Disklaimer menjadi WTP.

Sebelumnya, Gubernur Dondokambey membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, menyampaikan bahwa keluarga merupakan unit terpencil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai undang-undang nomor 36 tahun 2009.

“Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, prilaku dan gaya hidup sehat,” ujar Dondokambey.

“Oleh karena itu, kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga,” jelasnya.

Dia menjelaskan Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Permenkes nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan pendekatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Program Indonesia sehat dengan pendekatan pada dasarnya merupakan integritasi pelaksanaan program-program kesehatan baik upaya kesehatan perseorangan maupun upaya kesehatan masyarakat secara berkesinambungan, dengan target dan fokus kepada keluarga berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga,” paparnya.

Dilanjutkannya, selain penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan pendekatan pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Germas. Hal tersebut menurut dia didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

“Dengan Germas kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat,” tandasnya.

Dondokambey juga menjelaskan hari puncak HKN dilaksanakan di Mitra karena kabupaten mendapat penghargaan Kabupaten Sehat dari Kementrian Kesehatan.

“Saya berikan apresiasi kepada Pemkab Mitra terutama Bupati dan Wakil Bupati dan jajaranya, atas prestasi yang diraih oleh Pemkab Mitra.Walaupum daerah masi seumur jaggung namun pembangunanya sudah maju pesat,”puji Gubernur.

Diapun berharap agar masyarakat terus mendukung pembamgunan yang dilaksanakan oleh Pemkab, agar kedepan Kabupaten Minahasa Tenggara lebih hebat.

Sementara itu, Bupati James Sumendap, dihadapan Gubernur, memaparkan sejumlah program dan keberhasilan di Mitra, salah satunya penghargaan Kabupaten Sehat oleh Menteri Kesehatan.

Dalam momemtum ini, Kabupaten Mitra menjadi pelopor kesehatan kerjasasama dengan BPJS bagi masyarakat Mitra per 1 januari 2018 masyarakat Mitra sudah tercover BPJS.

“Jadi mulai per 1 Janurai 2018 masyarakat Mitra telah dijamin kesehatannya oleh Pemerintah lewat BPJS kesehatan dan BPJS ketanakerjaan.

Menurut Sumendap, Pemkab Mitra satu-satunya daerah diRrepublik Indonesia yang menerapkan program tersebut.

“Selain itu, Pemkab juga memberikan instentif bagi para lansia, ada dua prestasi besar program pemkab Mitra yakni mencover masyarakat dengan BPJS serta memberikan insentif terhadap lansia berdasarkan undang-undang kesehatan di mana para lansia atau manula dipelihara oleh negara,”ungkap Sumendap.

Sumendap juga memberikan apresiasi kepada para Pejabat mulai dari staf sampai kepala dinas dan bBadan yang telah mendukung hingga Kabupaten Mitra bisa meraih penghargaan-penghargaan tersebut.

“Hni bukannya hebat saya, tapi berkat dukungan jajaran Pemkab Mitra dan ASN hingga bisa meraih tanda penghargaan,”tutup Sumendap.

Turut dihadiri pada HKN ke-53, Wakil Bupati Ronald Kandoli, Pangdam 13 Merdeka Mayor Jendral TNI Ganip Warsito, SE, MM, Dandim 1302 Minahasa LetKol. INF Jubert Nixon Purnama, STh, Kapolres Mitra-Minsel AKBP Arya Perdana, SIK, MH, MM, Kadis Kesehatan Sulut dr Debby Kalalo, Sekda Ir Farry F. Liwe, MSc, para asisten, sejumlah anggota DPRD Mitra serta undangan lainnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment