Didampingi JS-RK, Gubernur Dondokambey Resmikan RSUD Mitra Sehat

Reporter : | 04 Des, 2017 - 8:31 pm WITA

 RSUD Mitra Sehat, rumah saki minahasa tenggara,PASAN, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, didampingi Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Ronald Kandoli, menandatangani prasasti peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Mitra Sehat yang berlokasi di di Desa Towuntu Timur, Kecamatan Pasan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Senin (4/12/2017).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur memberikan apresiasi kepada Bupati yang bisa membangun rumah sakit milik pemerintah, dengan adanya RSUD ini memudahkan pelayanan kepada masyarakat di Minahasa Tenggara.

“Ini langkah yang sangat baik, karena sudah sepantasnya pemerintah memiliki RSUD, agar lebih memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”ujar Dondokambey.

Dondokambey mengatakan Pemerintah Provinsi akan mendukung pembagunan Rumah Sakit Mitra Sehat dan akan dianggarakan pada tahun 2018.

“2018, Pemerintah Provinsi akan memberikan peralatan untuk RSUD dan akan mendukung anggaran untuk kelanjutan pembangunan RSUD ini, nantinya masyarakat tidak lagi jauh-jauh jika akan pergi rumah sakit, karena suda ada rumah sakit milik pemerintah,”katanya.

Sementara itu, Bupati James Sumendap SH, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang telah meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), menambahkan bahwa Pemkab Mitra akan mencover seluruh masyarakat di Kabupaten Minahasa Tengara pada tahun 2018 dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketanagakerjaan.

“Jadi, Pemkab Mitra adalah satu-satunya (daerah) di Republik Indonesia yang memberikan instentif bagi para lansia, ada dua prestasi besar program pemkab Mitra yakni mencoer masyarakat dengan BPJS serta memberikan insentif kepada lansia berdasarkan undang-undang kesehatan di mana para lansia atau manula dipelihara oleh negara,”ungkap Sumendap.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr. Rini Tamuntuan, ketika memberikan laporan, mengatakan pembangunan RSUD merupakan representasi dari Nawacita Presiden RI Joko Widodo dan visi misi program OD-SK didalamnya bagian visi misi Bupati Minahasa tenggara

 RSUD Mitra Sehat, rumah saki minahasa tenggara,RSUD dibangun pada tahun 2015 dengan 3 bangunan yaitu 2 lantai bangunan administrasi, 2 lantai UGD dan 1 lantai poliklinik di mana dana diambil dari DAK tambahan sebesar Rp15 miliar, kemudian tahun 2016 RSUD Mitra Sehat juga mendapat anggaran Rp33 miliar.

“Namun, dikarenakan ada pemotongan anggaran dari pusat tahun 2016, maka dibangun bangunan rawat inap dua lantai, bangunan instalasi bedah sentral, bangunan radiologi dan bangunan intensive care unit,”jelas Tamuntuan.

Ditambahkannya, sesuai permenkes 54 tahun 2014 mengenai rumah sakit, keberadaan RSUD ini sudah memiliki izin dari Kementrian Kesehatan RI.

“RSUD ini siap dioperasikan di mana sudah ada tenaga spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis kandungan dan spesialis anak serta dokter umum dan tenaga paramedis perawat bidan yang siap melayani,”jelasnya.

Peresmian tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Ronald Kandoli, Pangdam 13 Merdeka Mayor Jendral TNI Ganip Warsito, SE, MM, Dandim 1302 Minahasa LetKol. INF Jubert Nixon Purnama, STh, Kapolres Mitra-Minsel AKBP Arya Perdana, SIK, MH, MM, Kadis kesehatan Provinsi Sulut dr Debby Kalalo, Sekda Ir Farry F. Liwe, MSc, para asisten, sejumlah anggota DPRD Mitra serta undangan lainnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment