TP-PKK Sulut dan Dinas Pangan Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

Reporter : | 02 Des, 2017 - 2:52 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dinas Pangan Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan TP PKK Sulut menggelar lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal se Sulut.

Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan yang juga Plt. Kepala Dinas Pangan Sulut Rudi Mokoginta, mengatakan, pelaksanaan lomba cipta menu dalam rangka hari pangan sedunia XXXVII itu mampu memacu semangat semua pihak dalam mewujudkan pembangunan di bidang pangan di bumi nyiur melambai.

“Serta menunjang program pemerintah provinsi sulawesi utara yaitu Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK),” katanya.

Menurut Mokoginta, pangan juga merupakan hak asasi manusia. Dimana pemenuhannya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat karena pangan sangat mempengaruhi stabilitas suatu bangsa.

Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan yang diwakili Wakil Ketua PKK bidang peningkatan ekonomi keluarga, Jouke Rumpesak, menjelaskan pelaksanaan lomba cipta menu merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat luas tentang penerapan konsumsi pangan B2SA untuk anggota keluarga sehari-hari berbasis sumber daya lokal.

Dikatakannya, kualitas konsumsi pangan dan gizi menentukan kualitas sumber daya manusia. Ini merupakan upaya untuk menyediakan pangan dalam jumlah dan keragaman yang cukup demgan kualitas yang layak dan tersedia sepanjang waktu, harus selalu menjadi perhatian baik pemerintah maupun masyarakat.

Rumpesak menambahkan, keberhasilan penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat dapat diukur melalui analisis pola pangan harapan (PPH). Dimana semakin tinggi skor pola dengan harapan suatu wilayah berarti konsumsi pangan semakin beragam, bergizi seimbang, sehingga kualitas konsumsi pun semakin baik. Hal ini memberikan indikasi bahwa kecerdasan dan kesehatan masyarakat semamin terjamin.

Terkait penilaian hasil lomba cipta menu, Kabupaten Bolaang Mongondow berhasil keluar sebagai juara pertama sekaligus mewakili Sulut pada lomba yang sama tingkat nasional tahun 2018 dalam rangka HPS yang rencananya akan dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Agenda itu turut dihadiri perwakilan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulut dan perwakilan dari kabupaten dan kota di Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment