Tahukah Anda Jika Kerang Laut Memiliki 200 Mata

Reporter : | 01 Des, 2017 - 4:12 pm WITA

Kerang Laut , fakta Kerang Laut , mata Kerang Laut

(foto: Lund University)

MANADOTODAY.CO.ID – Kerang mungkin makhluk sederhana, namun. makanan laut yang terkenal akan kelezatannya tersebut ternyata memiliki memiliki 200 mata yang fungsinya sangat mirip teleskop, menggunakan lensa untuk memusatkan cahaya, para peneliti menemukan.

Menurut laporan di Jurnal Science, peneliti mengandalkan pencitraan mikroskopis untuk mengungkapkan bagaimana kerang menggunakan masing-masing mata yang berjajar di sepanjang tepi luar, yang dikenal sebagai mantelnya.

Tidak seperti kebanyakan makhluk yang matanya memiliki lensa yang memusatkan cahaya, kerang memiliki cermin cekung di bagian belakang mata mereka.

Setiap cermin dilindungi, memungkinkan kerang untuk mendapatkan penglihatan spasial dengan merefleksikan panjang gelombang cahaya di sekitar habitatnya. Setiap cermin juga ‘dilapisi dengan kristal mosaik berbentuk persegi, meminimalkan cacat permukaan untuk penglihatan yang lebih jelas,’ laporan tersebut mengatakan.

Temuan ini menggambarkan kemampuan ‘luar biasa’ dari kerang dalam mengembangkan sistem visual mereka yang kompleks, dan dapat membuka jalan bagi ‘perangkat optik baru yang terinspirasi bio untuk aplikasi pencitraan dan penginderaan,’ menurut laporan tersebut.

Studi ini dipimpin oleh para peneliti di Weizmann Institute of Science dan Lund University di Swedia.

Baca Juga :

Leave a comment