Bhabinkamtibmas Polres Minsel Sosialisasi Antisipasi Penculikan Anak di Sejumlah Sekolah Dasar

 Penculikan Anak, Bhabinkamtibmas Polres Minsel , Polres Minsel AMURANG, (manadotoday.co.id) – Untuk mengantisipasi tindak pidana penculikan anak, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kepolisian resort (Polres) Minahasa Selatan (Minsel) menyambangi sejumlah sekolah dasar, guna mensosialisasikan upaya menjaga keamanan dan keselamatan para pelajar khususnya yang masih berada di jenjang Sekolah Dasar.

“Dalam kegiatan sambang sekolah ini kita paparkan bagaimana kiat-kiat menjaga keamanan dan keselamatan diri adik-adik, yang rentan dengan aksi penculikan. Termasuk mengingatkan mereka untuk berhati-hati terhadap orang yang tidak dikenal, berani berteriak minta tolong dalam situasi terjepit serta berupaya melarikan diri dari jika dalam kondisi berbahaya,” ujar Aiptu Herry Torar, personil Bhabinkamtibmas wilayah Kecamatan Tenga.

Selain sosialisasi terhadap anak-anak, pada agenda sambang sekolah tersebut, menurut Torar, pihaknya juga memperkenalkan kepada para guru dan masyarakat sekitar aplikasi respon cepat berbasis android yaitu AREA (Automatic Reaction Electronic Alarm), yang merupakan terobosan kreatif Polres Minahasa Selatan di bidang pelayanan masyarakat berbasis IT.

“Di mana aplikasi AREA ini dapat didownload secara mudah dan gratis oleh para pemilik smartphone android, yang didisain khusus untuk optimalisasi dan percepatan pergerakan anggota polisi ke suatu TKP kriminalitas, lakalantas, ataupun kejadian yang bersifat kontijensi seperti bencana alam. Aplikasi AREA ini pun telah terbukti banyak membantu masyarakat dalam pengungkapan kasus serta penangkapan terhadap tersangka tindak pidana,” ungkapnya. (lou)