Panwaslu Tomohon Deteksi Sejumlah Temuan di Verifikasi Parpol

Jack Budiman SH, Ketua Panwaslu Kota Tomohon
Jack Budiman SH, Ketua Panwaslu Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tomohon mendeteksi sejumlah temuan hasil verifikasi Partai Politik (parpol) di Kota Tomohon.

Ketua Panwaslu Tomohon Jack D Budiman SH mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan, terkait apa yang terjadi, serta apa yang dibuat oleh KPU Tomohon.

“Dalam proses pengawasan, kami melihat beberapa hal, termasuk daftar pendukung bagi partai politik dan syarat-syarat dari parpol, khususnya yang ada di Kota Tomohon. Informasi sementara, ada empat parpol yang didapati adanya temuan-temuan. Ada temuan terkait keterlibatan dari Aparatur Sipil Negara (ASN), ada yang mendukung beberapa partai dan ada juga kegandaan di internal partai,” katanya.

Terkait temuan tersebut, Budiman mengatakan bahwa pihaknya akan mengundang pihak terkait untuk klarifikasi, kemudian verifikasi faktual dengan KPU.

Sebelumnya, KPU Tomohon telah mengumumkan dan menyerahkan hasil verifikasi kepada parpol yang telah mendaftarkan diri. Komisioner KPU Tomohon Divisi Hukum Ferlansius Pangalila SH MH mengatakan, ada 11 parpol yang administrasinya telah diverifikasi. Menurut dia, dari hasil verifikasi, pihaknya mendapati ada kegandaan di lebih dari dua Parpol sebanyak 126 orang.

“Dari jumlah tersebut, setelah dikunjungi, ada sebanyak 68 orang yang menyetujui dan membuat surat pernyataan, sebanyak 57 orang tidak memenuhi syarat karena menyangkal mendukung partai dan tidak mau membuat surat pernyataan, sebanyak 30 orang tidak bisa ditemui, sebanyak 13 orang ditemui tapi menolak dijadikan anggota parpol, sebanyak 11 orang alamatnya bukan di Tomohon dan satu orang telah meninggal dunia,” jelasnya. (ark)

Add Comment