Wow, Rusia Berencana Buat ‘Internet Pribadi’ Tahun Depan

Reporter : | 29 Nov, 2017 - 1:01 pm WITA

Internet independen, Internet independen rusia, DNS rusia

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Pemerintah Rusia telah mengungkapkan rencana untuk mengembangkan ‘internet independen atau pribadi’ yang beroperasi secara terpisah dari DNS yang digunakan orang-orang di seluruh dunia.

Dalam sebuah pertemuan baru-baru ini, para pejabat Dewan Keamanan Rusia, membahas sebuah rencanan untuk menciptakan sebuah DNS alternatif, mengklaim bahwa tindakan tersebut dapat melindungi Rusia dan beberapa negara lain jika terjadi serangan cyber skala besar.

Internet pribadi ini akan mencakup negara-negara ‘BRICS’ – Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan.

Menurut situs berita Rusia, RT.com, Presiden Rusia Vladimir Putin, menargetkan bahwa rencana akan selesai pada 1 Agustus 2018.

DNS alternatif dirancang untuk melindungi negara-negara BRICS ‘jika terjadi malfungsi internet global.’ Dan itu akan beroperasi di luar kendali organisasi internasional.

Waktu lalu, pejabat Rusia telah menegaskan bahwa negara tersebut tidak ingin melepaskan diri dari internet global, namun melindunginya dari ‘kemungkinan pengaruh eksternal’.

“Pemutusan Rusia dari internet global tentu saja tidak masuk akal,” kata Sekretaris Pers Dmitry Peskov pada tahun 2014, menurut RT.

Menggunakan internet independen akan mengurangi beberapa risiko hacking lawan, menurut DefenseOne.

DNS alternatif akan membuat mitra dagang utama terhubung – dan terpisah dari target serangan.

“Ada ironi yang dalam di Rusia yang menyebutkan meningkatnya kemampuan negara-negara Barat untuk menyerang ruang informasi,” kata teknolog Peter Singer kepada DefenseOne.

sumber: rt.com

Baca Juga :

Leave a comment