Pengamat Politik: JS-RK Punya Potensi Kuat Kembali Berpasangan

Reporter : | 28 Nov, 2017 - 10:54 pm WITA

James Sumendap SH, ronald kandoli,  Stefanus Sampe, pilkada mitra 2018

James Sumendap dan Ronald Kandoli

RATAHAN, (manadotoday.co.id)— Petahana James Sumendap SH, menjadi calon tunggal bakal calon bupati yang akan diusung PDI-P pada pilkada Mitra 2018 mendatang, untuk pendamping Sumendap, ada enam nama bakal calon (balon) wakil bupati yang telah mendaftar dan dipanggil mengikuti Fit and Proper Test (FPT) di DPP PDI-P.

Dari enam nama tersebut, petahana Wakil Bupati Ronald Kandoli (RK), diprediksi kuat bakal kembali mendampingi James Sumendap di Pilkada Mitra 2018.

Melihat Pilkada pada tahun 2013 lalu, basis suara Kandoli sangat berpengaruh hingga memenangkan Pilkada, menumbangkan pasangan yang diusung partai Golkar T2-Mor.

Kandoli saat dikonfirmasi mengaku siap kembali mendampingi JS.

“Kalau ditunjuk partai tentu saya siap. Baik akan maju sebagai wakil, serta akan berpasangan dengan siapapun,” jelasnya.

Terkait dirinya yang mengikuti FPT di DPP PDI-P, Kandoli menyerahkan semuanya ke DPP.

“Saat ini saya ikut mekanisme partai. Jadi lolos atau tidaknya saya tetap hargai. Yang pasti tetap loyal pada partai,” tegasnya.

Sementara James Sumendap saat dikonfirmasi via Whatsapp terkait kans dirinya kembali berpasangan dengan RK, masih enggan berkomentar.

“No comment,” tulisnya.

Sedangkan pengamat politik Stefanus Sampe, menilai potensi JS-RK akan kembali dipasangkan PDI-P, sangat kuat.

“Melihat elektabilitas RK, kemungkinan kembali diusung berpasangan dengan JS sangat besar. Apalagi PDI-P Sulut akan menghadapi Pikada serentak di enam daerah. Jadi mereka tak mau mengambil risiko melepas RK yang mempunyai basis massa besar,” jelas akademisi Unsrat ini.

Namun, untuk balon cawabup lainnya, Sampe menilai masih mempunyai peluang.

“Para bakal calon lainnya yang dipanggil FPT di DPP PDI-P mempuyai peluang, karena FPT menentukan siapa yang akan mendapat restu dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dampingi Sumendap,”jelasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment