Olly: Tak Seorangpun Sukses Tanpa Sentuhan Guru

Reporter : | 28 Nov, 2017 - 3:01 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Tak ada seorangpun yang sukses tanpa melalui sentuhan guru. Jadi apapun kita saat ini, pasti guru-guru kita pasti ikut mewarnai bahkan bisa jadi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan kita. Demikian ditegaskan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, ketika memberikan sambutan saat memimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2017 di halaman Kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Pineleng, Minahasa, Senin (27/11/2017) kemarin.

Menurut Olly sekaligus membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendi, M.AP, menyatakan, para guru harus bangga akan profesinya. Sebab Guru memiliki peran yang sangat mulia dan sangat strategis.

Adapun tema Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”. Tema itu berkaitan dengan implementasi peraturan presiden No. 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan berkarakter.

Terkait hal itu, Olly mejelaskan, guru memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Guru dan tenaga pendidikan juga harus mampu mengelola kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental.

“Momentum Hari Guru Nasional hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didik”, ujarnya.

Olly menambahkan, secara konstitusional mendidik adalah tanggung jawab negara, tetapi secara moral merupakan tanggung jawab kita bersama.

“Kepada semua Asosiasi Profesi maupun organisasi guru tanpa terkecuali, kita patut berterimakasih karena telah menjadi mitra pemerintah dan mitra guru khususnya. Mari kita kobarkan semangat menjadi guru teladan anak-anak kita,” imbuh Olly.

Pada kegiatan itu, Olly juga membuka secara resmi pelaksanaan Bimbingan Teknis Sulut Pintar yang diikuti sebanyak 400 orang guru matematika, fisika, kimia dan bahasa Inggris.

Turut hadir pada kegiatan itu, Bupati Bolaang Mongondow Selatan Herson Mayulu, Kepala Dinas Pendidikan Gemmy Kawatu, Kepala Biro Umum yang juga Kepala Biro PKKP dan Kepala LPMP Florens Panungkelan serta ratusan guru dan pelajar. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment