7 Makanan Ini Punya Waktu Kedaluarsa yang Sangat Lama, Cocok Saat Darurat

Reporter : | 27 Nov, 2017 - 1:15 pm WITA

Makanan Kedaluarsa , tips sehat, tips darurat

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Beberapa makanan tidak memiliki masa simpan yang lama dan kedaluwarsa dalam waktu singkat. Tanggal kedaluwarsa yang disebutkan pada bungkus makanan adalah rekomendasi dari produsen untuk menjelaskan bahwa makanan mungkin tidak aman setelah tanggal tertentu.

Tapi, ada beberapa makanan yang jika disimpan dengan benar, akan awet disimpan dalam waktu yang sangat lama. Makanan ini bisa menjadi makanan pokok anda saat keadaan darurat.

Inilah daftar makanan yang punya waktu kedaluwarsa panjang dan bisa mencukupi kebutuhan saat darurat.

1. Madu

Madu dapat disimpan tanpa batas waktu dan tidak memiliki kedaluwarsa. Setelah beberapa waktu mungkin akan mengkristal, tapi itu tidak mempengaruhi kualitas dan kelayakannya. Anda bisa menyimpan madu terkristal dalam toples dan mencampurnya dengan air hangat untuk mencairkan madu.

2. Beras putih

Beras merah bisa rusak (cepat) tapi tidak dengan nasi putih. Simpan bear dalam kotak, bahkan setelah berbulan-bulan, itu masih cukup bagus untuk digunakan. Beras putih, arborio, melati dan beras basmati aman dari kerusakan asalkan anda menyimpannya dalam wadah kedap udara dan jauh dari serangga.

3. Garam

Garam meja atau garam laut bisa awet selama bertahun-tahun.

4. Gula

Gula tidak bisa rusak karena tidak mendukung pertumbuhan bakteri. Yang perlu Anda lakukan adalah menyimpannya dalam wadah tertutup dan jauhkan dari serangga dan kelembaban.

5. Kacang kering

Kacang kering dikatakan memiliki waktu simpan yang tidak terbatas. Simpan kacang selama dua tahun dan mereka tidak akan sama sekali kehilangan nilai gizi.

6. kopi instan

Simpan dalam suhu dingin dan kopi instan akan bertahan selama bertahun-tahun, disegel atau pun tidak.

7. Minuman keras

Jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, anggur, rum atau minuman keras lain bisa bertahan selama bertahun-tahun. Mungkin kehilangan aromanya tapi hanya sampai batas tertentu.

sumber: ndtv.com

Baca Juga :

Leave a comment