Pers Diminta Kawal Pendistribusian Pupuk di Kota Tomohon

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak meminta kepada pers untuk turut mengawal pendistribusian pupuk di Kota Tomohon.

Hal tersebut dikatakan Eman pada kegiatan Pertemuan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kota Tomohon Jumat (24/11/2017) di Balai Benih Kelurahan Woloan Dua Kecamatan Tomohon Barat.

‘’Sebagai mitra kerja pemerintah, pers bisa membantu mengawal dan mengawasi pendistribusian pupuk agar bisa tiba di sasaran sehingga pembangunan di bidang pertanian bisa berjalan dengan baik dan lancar,’’ kata wali kota.

Sebagai daerah yang memiliki lahan pertanian luas sengan beragam produk pertanian tanaman pangan, hortikulura dan tanaman perkebunan, Kota Tomohon memiliki potensi untuk memasarkan produk-produknya ke daerah lain di Indonesia.

Menurutnya, pihaknya telah mengeluarkan Keputusan Walikota Noor 179 tahun 2017 tentang Pembentukan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida.

Tugas dan fungsi serta wewenang KP3 adalah membantu wali kota untuk melaksanakan tugas pengawasan peredaran pupuk dan pestisida, mengawasi usaha-usaha dalam rangka pengelolaan pupuk dan pestisida dan melaporkan hasil pengawasan pupuk dan pestisida serta mengkoordinasikan.

Kegiatan dirangkaikan dengan sosialisasi penguatan kelembagaan pembudidayaan ikan di Kota Tomohon. Kegiatan ini harus dilaksanakan karena melihat kondisi perikanan di Kota Tomohon saat ini belum dilakukan secara maksimal.

Salah satunya ialah masih lemahnya infrastruktur kelembagaan perikanan seperti kelompok pembudidayaan ikan pokdakan yang ada di masyarakat.

Melihat fenomena di lapangan pokdakan masih banyak yang berstatus pemula sehingga pengelolaan dan pembudidayaan ikan belum optimal. Sehingga penguatan kelembagaan pokdakan merupakan suatu kebutuhan yang penting untuk meningkatkan sektor perikananan di Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon memberikan secara langsung bantuan alat pertanian kepada Kelompok Tani berupa cultivator, hand sprayer, parang, cangkul dan gerobak dorang.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ir Vonny Pontoh MBA, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Ruddie Lengkong SSTP, seluruh jajaran dinas terkait serta petani dan penyuluh. (ark)