Kabupaten Mitra Jadi Daerah Pertama di Sulut Berkomitmen Jadi Lumbung Inovasi

Reporter : | 23 Nov, 2017 - 8:28 pm WITA

Asisten III Piether Owu Minta SKPD Mitra Terus Tingkatkan Berprestasi

 Dr. Tri Widodo Wahyu, Lembaga Administrasi Negara,  Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik MANADO, (manadotoday.co.id) – Asisten III Drs Piether D Owu, ME, wakili Bupati membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Pemkab Mitra yang dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, dengan menghadirkan Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Dr. Tri Widodo Wahyu, di Hotel Grand Puri Manado, Kamis (23/11/2017).

Owu, dalam sambutannya mengatakan kegiatan Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong instansi pemerintah memberikan pelayanan publik yang berinovasi.

“Inovasi merupakan aspek penting dalam akselerasi pembangunan jangka panjang. Lebih mudah mencapai tujuan. Birokrasi berkelas dengan inovasi,”kata Owu.

Visi misi Nawacita dan misi visi kabupaten Mitra untuk Peningkatan kinerja pelayanan publik karena ekspektasi masyarakat sangat tinggi.

“Diharapakan para kepala SKPD dapat meningkatkan prestasi pelayanan publik. Semua kepala SKPD harus melakukan banyak prestasi, dibutuhkan suatu doktrin atau informasi baru terkait dengan pelayanan publik,”ujar Owu mengutip sambutan Bupati.

Sementara Dr Tri Widodo Wahyu, mengatakan konteks sosialisasi sangat penting dan bukan kegiatan sesaat tanpa follow up, tapi merupakan satu langkah kecil dari lompatan di masa yang akan datang.

Inovasi bisa lahir dari empat sumber, DPRD, Masyarakat, SKPD dan dari ASN. Fokus konteks pada SKPD dan ASN dan inovasi berasal dari SKPD, dan ASN harus diusulkan kepada pimpinan dan Kepala SKPD harus menyampaikan ke badan litbang untuk direview apakah sesuai kebutuhan, dapat dilakukan dan dapat mengakselerasi pembangunan, usulan dinilai layak atau tidak. Jika layak, usulan harus mendapat penetapan berupa keputusan Kepala Daerah. Tahap selanjutnya adalah implementasi penetapan. Inovasi baru dituangkan dalam perda atau perkada. Setelah diimplementasi harus dievaluasi apakah berhasil mendatangkan manfaat bagi masyarakat atau tidak. Semua daerah melakukan inovasi pada tahun 2018.

“Jadi 2018, Kabupaten Mitra kiranya siap menjadi lumbung inovasi dan sejajar dengan daerah-daerah paling inovatif di indonesia,”ungkap Wahyu.

 Dr. Tri Widodo Wahyu, Lembaga Administrasi Negara,  Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik Wahyu menambahkan, ini membutuhkan sebuah proses yang cukup serius. LAN berkomitmen untuk mendampingi hingga pameran inovasi. Bedanya dengan pameran pembangunan, adalah adanya unsur pembaruan.

Kabupaten Mitra adalah daerah pertama berkomitmen berinovasi di Provinsi Sulawesi Utara. Berkat dukungan dan komitmen sepenuhnya dari Bupati James Sumendap SH, untuk Perbaikan kualitas pelayanan publik salah satu agenda prioritas pemerintah dengan melakukan percepatan peningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk itu, tahun 2018 Kabupaten Mitra harus menjadi pemenang, harus menjadi kiblat baru yang menonjol karena inovasinya, karena Bupati mampu untuk mengenali kendala yang ada dan menggali potensi. Agen perubahan memandang kendala atau masalah sebagai lahan inovasi,”pungkas Wahyu.

Turur Hadir pada sosialisasi tersebut, Asisten II Drs Robby Ngongol, MSi, tim dari LAN RI, Pelaksana Bagian Organisasi Setda serta pejabat eselon II dan III.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment