Kunjungi Pemkab Minahasa, Wakapolda Sulut: Miras Masalah Utama di Minahasa

Reporter : | 22 Nov, 2017 - 7:28 pm WITA

 Wakapolda Sulawesi Utara, Brigjen Drs. Johanis Asadoma M.Hum, Pemkab Minahasa,TONDANO, (manadotoday.co.id) – Wakapolda Sulawesi Utara Brigjen Drs. Johanis Asadoma M.Hum, bertatap muka dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa, pada Rabu, (22/11/2017 ), di ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Turut hadir mendampingi Wakapolda, Direktur Binwas, Kabid Kesehatan dan Kabid Tahanan dan Barang Bukti, Kapolres Minahasa beserta jajaran serta perwakilan Dandim Minahasa.

Dalam sambutannya, Wakapolda mengatakan pihaknya perlu melihat kondisi lapangan, fasilitas, serta kerja sama lapangan. Hubungan Polri dengan Pemda dibutuhkan untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif.

“Tanpa dukungan stakeholder yang ada, Polri belum mampu menciptakan kamtibmas yang kondusif. Miras merupakan masalah utama kamtibmas di Minahasa,” ujar Asadoma.

Lanjutnya, pihaknya memiliki cara memerangi penyakit masyarakat seperti miras, dengan kampanye mengenai bahaya miras (cap tikus, dll) agar peredaran miras serta konsumsi miras di masyarakat dapat berkurang, lalu narkoba, cara mengatasi narkoba adalah dengan cara membentengi peredaran narkoba dari keluarga sendiri, kemudian radikalisme, waspada terhadap bahaya radikalisme serta mengawasi setiap orang asing yang datang, apabila ada hal yang mencurigakan, segera melaporkan kepada pihak berwajib setempat. Menjaga pergaulan masyarakat agar tidak menyinggung serta menyentuh hal yang bersangkutan dengan perbedaan agama yang dapat memicu konflik. Kemudian, kecelakaan lalu lintas penyebab utamanya adalah ketidak taatan terhadap aturan yang ada. Pembinaan keluarga dapat membantu dalam melindungi saudara dari pelanggaran terhadap aturan berlalu lintas.

Asadoma juga menambahkan bahwa sesuai dengan MoU, Polri wajib mengawasi penggunaan atau pemanfaatan dana desa. Kerjasama dengan para camat sangat diharapkan dalam pengawasan mengenai penggunaan atau pemanfaatan dana desa.

“Kiranya dengan adanya kerjasama antara Polri bersama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa dapat memerangi permasalahan yang bernuansa kriminalitas yang ada di Kabupaten Minahasa. Serta bantuan langsung masyarakat sangat diharapkan guna menjaga kamtibmas yang ada.” tukas Asadoma.

Sementara itu, Bupati Minahasa menyambut baik kehadiran Wakapolda Sulut serta jajaran.

“Kehadiran Wakapolda Sulut di daerah kami, sebagai pertanda bahwa kabupaten Minahasa mendapat perhatian khusus dari Polda Sulut,” ucap Bupati.

Pemkab Minahasa lanjutnya, akan terus membangun kerjasama dengan aparat kepolisian dalam rangkah memelihara keamanan dan menjamin keberlansungan pembangunan di Minahasa.

“Kami berharap kepolisian akan terus bersinergi dengan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan serta menjaga dan menciptakan keamanan dan kedamaian,” tutur Bupati. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment