Operasi Laser Terbaru Bisa Rubah Warna Mata Menjadi Biru Dalam 20 Detik

Reporter : | 22 Nov, 2017 - 12:07 pm WITA

Operasi Laser mata, mata biru, Stroma Medical,

(foto: odditycentral.com)

MANADOTODAY.CO.ID – Memilik mata biru merupakan hal spesial, selain sering dikaitkan dengan keturunan kerajaan atau bangsawan, hanya 17% populasi global memilikinya. Bagi sebagian besar orang, sekira 80% populasi, mata biru hanya bisa dimiliki dengan bantuan lensa kontak berwarna atau implan iris buatan. Tapi itu akan segera berubah dengan diperkenalkannya prosedur medis baru, yang dipelopori oleh perusahaan California, Stroma Medical, yang dengan mudah bisa mengubah mata coklat menjadi biru.

Prosedur laser bekerja dengan menghilangkan melanin, pigmen yang juga mewarnai rambut dan kulit dari permukaan iris.

“Prinsip dasarnya adalah bahwa di bawah setiap mata coklat adalah mata biru,” Dr. Gregg Homer mengatakan kepada CNN, menambahkan bahwa sebenarnya tidak ada pigmentasi biru di mata.

“Satu-satunya perbedaan antara mata coklat dan mata biru adalah lapisan pigmen tipis ini di permukaan mata. Jika Anda menghilangkan pigmen itu, maka cahaya bisa masuk ke stroma – serat kecil yang terlihat seperti kisi-kisi udara di mata yang terang – dan saat cahaya mencerabutnya, hanya merefleksikan kembali panjang gelombang terpendek, dan itulah ujung spektrumnya yang biru.” tambahnya.

Perawatan laser merusak lapisan rapuh pigmen pada iris, yang menyebabkan tubuh mulai mengeluarkan jaringan secara alami. Sementara prosedur itu sendiri hanya membutuhkan waktu sekira 20 detik, mata biru akan muncul selang beberapa minggu setelah operasi, karena tubuh hanya bisa melepaskan pigmen secara perlahan.

Stroma Medical memiliki tujuan untuk mengembangkan prosedur teraman, termurah, dan paling mudah yang tersedia di pasaran, namun belum mendapatkan persetujuan dari badan regulasi di Amerika Serikat. Dewan medis perusahaan telah menyatakan bahwa studi pendahulu menunjukkan bahwa operasi tersebut aman, namun sejauh ini hanya 37 pasien yang telah menjalani perawatan tersebut. 17 pasien berada di Meksiko dan 20 lainnya di Kosta Rika. Perusahaan saat ini dalam tahap penggalangan dana karena mencari investor, namun berharap dapat menyelesaikan uji klinis dalam beberapa tahun ke depan. Saat ini, harga yang harus dibayar untuk mengubah mata menjadi biru masih relatif tinggi yaitu sekira Rp67.585.000.

Industri medis, spesialis mata khususnya, belum secara khusus menerima prosedur ini. Sikap skeptisisme didasarkan pada fakta bahwa mata adalah salah satu organ paling sensitif dalam tubuh manusia.

“Perhatian utama dari prosedur yang melibatkan pelepasan pigmen di dalam mata adalah bahwa pigmen dapat menyumbat saluran drainase reguler yang pada gilirannya dapat menyebabkan tekanan di dalam mata naik. Jika itu terjadi cukup signifikan, cukup lama, pasien bisa mengembangkan glaukoma.” Saj Khan, seorang dokter mata di London Eye Hospital, mengatakan kepada CNN.

Sementara Stroma Medical mengklaim bahwa partikel yang dilepaskan oleh prosedur terlalu sedikit untuk menyebabkan glaukoma, yang diakui Khan masuk akal, namun dia dan dokter lainnya enggan untuk merekomendasikannya.

“Teori memiliki beberapa pengertian untuk itu, namun tanpa melihat hasil jangka panjang dan tanpa melihat pasien yang telah diperlakukan dengan cara ini, saya tidak akan berkomitmen,” kata Khan.

sumber: odditycentral.com

Baca Juga :

Leave a comment