Lomban Paparkan Potensi Pulau Lembeh di EWG

Reporter : | 22 Nov, 2017 - 9:49 am WITA

54th Energy Working Group , Asia-Pacific Economic Cooperation , BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, memaparkan potensi Pulau Lembeh dalam kegiatan 54th Energy Working Group (EWG) Chairs Meeting, di Wellington New Zealand, Selasa (21/11/2017). Dalam pertemuan yang membahas tentang bantuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) dalam pelaksanaan penerapan prinsip sustainable energy di Kota Bitung.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung meminta adanya bantuan penerapan follow up yang berupa tindakan nyata dari APEC,” tutur Lomban.

Dalam kesempatan itu, Lomban juga menjelaskan tentang keberadaan Pulau Lembeh yang nantinya akan dijadikan lokasi Pilot Project dimana pulau tersebut merupakan lokasi wisata yang ada di Kota Bitung.

Menanggapi hal tersebut, President APEC Prof Liu Zu menjelaskan untuk realisasinya hal tersebut Pemkot Bitung harus memenuhi persyaratan yang diajukan dari pihak APEC.

“Persyaratannya antara lain harus memiliki perencanaan energi di daerah, harus ada perkiraan kebutuhan daerah akan energi serta dibentuknya tim pengelolaan energi di Kota Bitung,” jelasnya sembari berjanji kedepannya APEC akan melaksanakan kegiatan seperti pembangunan gedung pintar, jaringan pintar dan energi pintar di Kota Bitung.

Kesempatan itu juga, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menjadi guest speaker yang menjelaskan tentang program Pemerintah Provinsi Sulut sebagai daerah mandiri energi yang mendukung Program Ketahanan Energi.

Sebelumnya, Kandouw dan Lomban, dijamu Duta Besar Indonesia untuk New Zealand Tantowi Yahya.

Selain tim kota Bitung di bawah pimpinan Walikota Bitung Max Lomban, juga hadir tim Provinsi Sulut yang dipimpin Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

Dalam kesempatan itu juga Lomban memaparkan secara singkat keberadaan Kota Bitung dan perkembangannya serta berbagai program Pemkot Bitung khususnya yang terkait dengan perkembangan Low Carbon Model Town (LCMT).

Yahya mengatakan dirinya akan terus berupaya semaksimal mungkin mendatangkan investor untuk berinvestasi di Indonesia, serta mengundang Pemkot Bitung dan Provinsi Sulut agar berpartisipasi dalam Festival Musim Semi di Welington.

“Lewat kesempatan itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya Nusantara khususnya dari Kota Bitung,” jelasnya. (kys)

Baca Juga :

Leave a comment