Eman Minta Semua Komponen Pastikan Pileg dan Pilpres 2019 Sudah Terekam E-KTP 100 Persen

Wali Kota Tomohon saat memberikan sambutan
Wali Kota Tomohon saat memberikan sambutan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak meminta kepada semua komponen masyarakat Kota Tomohon agar pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) sudah terekam KTP Elektronik (E-KTP) seratus persen.

Hal itu dikatakan wali kota saat membuka kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Evaluasi Capaian Target Penyelesaian Perekaman dan Pencetakan KTP Elektronik, Penertiban Akta Kelahiran Usia 0-18 tahun dan Tidak Ada Pungli/Tidak Terjadi OTT dalam Pengurusan Dokumen Kependudukan di Kawanua Cottage Kelurahan Walian Satu Tomohon Selatan Selasa (21/11/2017).

Menurut Eman, sesuai UU No 24 tahun 2014 tentang Administrasi Kependudukan, ada sejumlah keperluan data kependudukan yakni untuk Pileg dan Pipres,  pelayan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

‘’Pemanfaatan data kependudukan sesuai peraturan bidang administrasi kependudukan, harus menggunakan apa yang disebut dengan konsolidasi data bersih atau KDB yang dikelola Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pemerintah Kota Tomohon berupaya memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat dengan mendirikan rumah pelayan public yang pertama di Sulawesi Utara dengan nama Wale Kabasaran,’’ jelas Eman.

Data saat ini berdasarkan laporan evaluasi pencapaian target oleh Dukcapil, Akta Kelahiran anak usia 0-18 tahun yaitu 23.347 jiwa atau 90,05 persen dari 25.926 jiwa.

Terkait dengan perekaman KTP Elektronik per Oktober 2017, Kota Tomohon telah menyentuh angka 95,39 persen.

“Untuk itu, saya minta kita semua untuk bersama-sama memastikan agar pada Pileg dan Pilpres 2019 nantinya, Tomohon seluruhnya sudah rekam dan memiliki KTP-el 100 persen. Dan  ini merupakan tantangan besar bagi kita semua,’’ tukas wali kota.

Turut hadir para Narasumber Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, Kajari Tomohon diwakili Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Jaksa Pratama Windhu Sugiarto SH MH, Kepala Divisi Logistik KPU Tomohon Robby Golioth ST, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Royke Ambrosius Roeroe SP MAP, jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan undangan. (ark)