Bagian Infrastrukur Setdakab Minahasa Gelar Fasilitasi Pengembangan e-Goverment

Reporter : | 21 Nov, 2017 - 4:57 pm WITA

Pengembangan e-Goverment ,  e-Goverment minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Selasa 21 November 2017 di balai pertemuan umum Kelurahan Wawalintouan, Asisten Perekonomian dan pembangunan DR. S.W Siagian, MA, atas nama Bupati Minahasa, membuka kegiatan Fasilitasi Pengembangan e-Goverment Kabupaten Minahasa.

Saat membacakan sambutan Bupati Minahasa, Siagian mengatakan pemanfaatan teknologi digital dalam hal ini teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas kinerja pelayanan dan program pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sesuai inpres no. 03 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional lanjut Siagian, pengembangan e-government memiliki 4 tahap yakni persiapan,pematangan,pemantapan dan pemanfaatan.

“Pengembangan e-government merupakan sebuah proses panjang yang harus dikelola secara berkesinambungan, bukan sebuah proses yang instant. Perencanaan yang menyeluruh diperlukan diawal agar pembangunan e-government dapat berjalan sesuai tujuan. Tidak pula hanya pengembangan infrastruktur dan aplikasi saja, tetapi juga menyangkut faktor lainnya seperti SDM, kebijakan dan data,” ujar Siagian.

Sementara itu, Kabag Infrastruktur Setdakab Minahasa Ricky H Laloan SH, mengatakan kegiatan fasilitasi ini sangat penting, hal ini dimaksudkan agar kedepan pelaksanaan e-government bisa diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan secara maksimal.

“Semoga lewat kegiatan ini kita sudah mulai dipersiapkan tentang apa yang dimaksud dengan e-government, agar kita tidak merasa kaget serta canggung dengan sistem ini jika memang sudah diberlakukan secara penuh,” tutur Laloan.

Tampil sebagai narasumber Kadis Komunikasi dan Informasi Kabupaten Minahasa Drs Dolvie Kasenda, sedangkan untuk peserta berasal dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD). (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment