Ilmuan Kembangkan ‘Jeli’ yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Reporter : | 21 Nov, 2017 - 12:43 pm WITA

 Sel Kanker, obat kanker, jeli penyembuh kanker, alkohol

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Sebuah jeli mirip implan yang diisi alkohol murni, bisa menjadi pengobatan yang ampuh untuk penyakit kanker.

Implan disuntikkan ke tengah tumor, di mana itu perlahan mengeluarkan sejumlah kecil etanol (alkohol murni). Saat bersentuhan dengan sel tumor, etanol menghancurkannya dengan ‘meracuni’ protein yang dibutuhkan tumor untuk berkembang.

Para dokter telah lama tahu bahwa alkohol murni bisa bisa menjadi cara yang efektif untuk membunuh sel kanker. Masalahnya, alkohol juga menghancurkan jaringan sekitar yang sehat, dan dibutuhkan alkohol dalam jumlah besar untuk benar-benar membasmi sel tumor, dan itu memiliki kemungkinan bisa berefek negatif pada sel normal disekitar tumor.

Implan revolusioner yang dikembangkan di Duke University di North Carolina sejauh ini baru diuji pada hewan, namun itu bisa berarti bisa digunakan pada manusia juga.

Ilmuwan mencampur etanol dengan etil selulosa, zat yang terbuat dari bubur kayu atau kapas yang banyak digunakan sebagai zat pengental dalam industri makanan dan untuk melapisi obat-obatan. Hasilnya sebuah zat mirip jeli, yang setelah bersentuhan dengan kondisi lembab di dalam tubuh, secara bertahap mulai larut dalam waktu sekitar seminggu atau lebih, melepaskan muatan alkoholnya.

Kuncinya adalah melarut dengan perlahan, sejumlah kecil alkohol dilepaskan ke area tumor, bukannya ‘membanjiri’ sel sehat disekitar tumor dengan alkohol.

Untuk mengujinya, para ilmuwan menanamkan jeli tersebut ke dalam tujuh tikus dengan tumor ganas di mulut dan mengukur ukuran pertumbuhan kanker setelah delapan hari.

Hasilnya, yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Scientific Reports, menunjukkan tumor tersebut benar-benar hilang pada tujuh tikus yang diberi implan, sedangkan hanya empat dari tujuh tikus yang disuntik dengan alkohol tumornya hilang.

Para ilmuwan mengatakan bahwa jeli tersebut berpotensi digunakan untuk mengobati kanker lain, seperti kanker payudara, dan merencanakan percobaan untuk mengobati lesi pra-kanker pada serviks.

Salah satu keuntungan terbesar adalah perawatan ini adalah harga bisa sangat murah.

“Para ilmuwan telah memanfaatkan etanol sebagai pengobatan untuk beberapa jenis kanker. Dalam penelitian ini, mereka memodifikasi teknik untuk menghentikannya keluar dari tumor.” kata Dr Justine Alford dari Cancer Research UK.

“Jika uji coba menunjukkan aman dan efektif, itu bisa menjadi pilihan di masa depan untuk beberapa jenis kanker di mana operasi tidak memungkinkan.” tambah Alford.

sumber: dailymail.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment