KPU Minahasa Ikut Bimtek Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

Reporter : | 20 Nov, 2017 - 4:35 pm WITA

KPU Minahasa , Bimtek Penataan Dapil , pilkada minahasa 2018TONDANO, (manadotoday.co.id) – Menghadapi Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD hingga Pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Penataan Dapil dan Alokasi Kursi.

Bimtek yang digelar di Borneo Ballroom Hotel Novotel Balikpapan pada 19-20 November 2017 tersebut, dibuka Ketua KPU RI Arief Budiman.

Dalam sambutannya, Budiman mengingatkan supaya KPU kabupaten dan kota menyusun tata Dapil sesuai 7 Prinsip, jangan tata Dapil karena titipan Parpol agar menyusun Dapil berdasarkan prinsip penyusunan Dapil yang diatur regulasi.

“Jangan menata Dapil hanya karena keinginan atau titipan Parpol yang didalamnya terselubung kepentingan politik Parpol,” ungkap Budiman.

Sedangkan Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon mengatakan bahwa setelah kembali dari Bimtek, pihaknya akan memantapkan proses penataan Dapil dengan stakeholder sambil menunggu Data Agregat Penduduk Per Kecamatan (DAK2) semester II yang akan dserahkan Kemendagri pada 17 Desember 2017 sebagai bahan untuk penyusunan draft Dapil.

“Pada prinsipnya kami sudah siap melakukan penataan Dapil di Kabupaten Minahasa,” ujar Tinangon. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment