KPU Tomohon Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019

Reporter : | 16 Nov, 2017 - 4:53 pm WITA

Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kota Tomohon

Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon Kamis (16/11/2017) menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 bertempat di Aula Alamanda Bukit Doa Kakaskasen Dua Tomohon Utara.

Tampil sebagai pemateri, dari KPU Sulut Vivi George SKM sebagai Koordinator Wilayah Tomohon, Dr Ferry D Liando serta Dr Going Peace Tumbel dengan moderator Judie J Turambi SH dengan peserta pengurus serta LO Parpol  di Kota Tomohon

Vivi George membawakan materi tentang tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 baik DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten dan kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Sesuai dengan Tema Sosialisasi yakni ‘’Regulasi Pemilu 2019 di Era Digitalisasi, Vivi menjelaskan kepada para utusan Partai Politik serta elemen masyarakat di Kota Tomohon bahwa dengan system digitalisasi, banyak hal yang bisa dipermudah.

‘’Namun ini tentunya perlu ditunjang oleh SDM. Lambat laun semuanya pasti akan ke system digital. Jadi, masyarakat maupun penyelenggara Pemilu jangan jemu-jemu untuk terus belajar,’’ katanya.

Sementara narasumber lainnya Dr Ferry D Liando banyak menjelaskan tentang aturan Kepemiluan.

‘’Penyelenggara Pemilu bukan hanya tunduk pada UU Pemilu tapi juga harus tunduk pada UU Nomor 25 tahun 2009 tentang Sistem Pelayanan Publik, UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Sistem Informasi Publik serta Undang-Undang ITE,’’ tegas Liando.

Narasumber lainnya Dr Going Peace Tumbel mengatakan, system digital nantinya akan meminimalisasi kesalahan data serta mencegah penambahan maupun pengurangan jumlah suara yang diperoleh.

‘’Sangat rawan jika ada waktu bagi penyelenggara untuk menyampaikan ke lebih di atas jika masih manual. Namun jika hasil yang diperoleh di TPS langsung dilaporkan ke atas melalui system digital, tidak akan terjadi kesalahan penulisan lagi atau sesuatu yang memang disengaja dengan merubah jumlah suara dalah setiap tingkatan penyelenggara Pemilu,’’ jelas Tumbel.

Ketua KPU Tomohon Beldie Tombeg ST MArs didmapingi Komisioner Drs Haryanto Lasut, Robby Golioth ST, Stenly Kowaas SP dan Ferlansius Pangalila SH mengatakan, pihaknya memang terus berupaya membuat Pemilu di Kota Tomohon berintegritas dan meningkatkan prosentase pemilih.

‘’Kami banyak melakukan sosialisasi apakah kepada pemilih pemula, maupun di masyarakat umum. Ini memang menjadi tugas kami sebagai penyelenggara Pemilu di Kota Tomohon,’’ tukas Beldie didamini komisioner lainnya. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment