Bagian Humas dan Protokol Minahasa Gelar Sosialisasi Keprotokolan

Reporter : | 13 Nov, 2017 - 5:58 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bagian humas dan protokol Setdakab Minahasa, menggelar sosialisasi keprotokolan kepada masing-masing perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta para kuli tinta biro Minahasa, di ruang sidang kantor Bupati Minahasa pada Senin (13/11/2017).

Kegiatan diawali dengan laporan Kasubag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Daine Lantang, selanjutnya Asisten III Administrasi Umum Hetty Ruamgit SH mewakili Bupati Minahasa membuka kegiatan.

Rumagit saat membawakan materi yang berjudul “Manajemen Keprotolan”, mengatakan pengetahuan keprotokolan sangat penting sebab pada dasarnya tugas sebagai protokol mutlak diperlukan dalam setiap acara atau kegiatan pemerintahan.

Menurutnya banyak hal yang harus dipahami dan dikuasai oleh protokol, tugas protkol bukan sekedar memandu sebuah acara, tapi juga mampu menciptakan suasana yang nyaman sehingga acara yang digelar berjalan lancar.

“Protokol juga menentukan sukses tidaknya sebuah acara,” ujar Rumagit.

Disisi lain, tugas protokol juga wajib memastikan segala hal yang akan mendukung acara telah siap.

“Atas nama Bupati saya memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada bagian humas dan protokol yang telah menggelar kegiatan ini. Dan saya yakin lewat kegiatan ini kita makin memahami betapa pentingnya protokoler dalam sebuah acara resmi pemerintahan,” tukasnya.

Nara sumber berikutnya, Michael Kelah AP M.Si yang adalah Kepala Keprotokolan Kantor Gubernur Sulut. Kelah menegaskan bahwa tugas protokol harus mengetahui dengan persis posisi duduk para pejabat maupun orang yang memiliki jabatan dalam sebuah acara, termasuk orang yang dianggap pantas untuk duduk di suatu tempat terhormat atau yang layak oleh karena kapasitasnya disesuaikan dengan umurnya.

Menjadi protokol tidaklah gampang, selain itu protokoler butuh energi dan samangat agar mampu mengatur acara.

“Tugas protokol adalah meminimalisir terjadinya kesalahan dalam suatu acara. Namun alangkah bahagianya jika tidak terjadi kesalahan,” papar Kelah.

Diakhir kegiatan, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs Moudy Pangerapan MAP, yang bertindak sebagai moderator pada kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment