Peringati HUT Minahasa ke 589, DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa

Reporter : | 07 Nov, 2017 - 3:24 pm WITA

Dondokambey: Kabupaten Minahasa Berkat Bagi Sulut

Sajow: Minahasa Telah Berubah

Peringati HUT Minahasa ke 589. DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa1TONDANO, (manadotoday.co.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Minahasa ke-589 pada Senin (6/11/2017) di Gedung Wale Ne Tou Tondano.

Saat meminpin rapat, Ketua DPRD Minahasa James Rawung, SH, mengatakan bahwa sejarah mencatat keberadaan Kabupaten Minahasa merupakan momentum historis, dan ini mengingatkan kita akan karya, ide dan perjuangan sesepuh pemimpin Minahasa sebelumnya, karenanya itu, selayaknya kita sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya. Sebagaimana Pemerintah Kabupaten Minahasa memberikan dukungan atas kepemimpinan pemerintah pusat Presiden RI Ir.Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam memimpin NKRI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa pun memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs.Steven Kandouw dalam kepemimpinannya dengan segala capaian termasuk keberhasilan meraih LPPD.

Sementara itu, Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, Msi, dalam sambutannya memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena tuntunannya sehingga Paripurna Istimewa ini bisa digelar.

“Patutlah kita bersyukur atas perjalanan Kabupaten Minahasa yang dengan berbagai upaya yang lahir dari sinergitas tinggi seluruh element masyarakat, dapat menapaki hari berbahagia ini, hari dimana kita boleh merayakan HUT Minahasa ke 589,” ujar JWS.

Menurutnya, momen ini menjadi sangat istimewa karena bisa dihadiri langsung Gubernur Ollly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw, bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Bupati, Walikota, serta Wakil Walikota yang ada di Sulawesi Utara.

“HUT Minahasa mengingatkan kita tentang kerja keras Tou Minahasa yang telah berjuang membentuk daerah ini, sehingga kita semua sebagai generasi penerus dapat merasakan hasil perjuangan para pemimpin pendahulu. Sejarah telah membuktikan bahwa Tou Minahasa telah memberikan sumbangsi terhadap negara ini, karena itu saya dan Wakil Bupati Minahasa mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun kepada Kabupaten Minahasa tercinta,” terang JWS.

Falsafa pejuang Reformasi Tanah Minahasa Dr. Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi (Sam Ratulangi) yang selama ini kita ketahui bersama yakni Si TOU TIMOU TUMOU TOU yang artinya Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Manusia Lainnya, kata Bupati, menjadi pegangan dan motivasi hidup masyarakat Minahasa yang akan selalu dikenang sepanjang masa.

“Kami sadar periode kepemimpinan sudah hampir selesai yang sesuai dengan Undang-undang dimana Kepala Daerah dan Wakil hanya memimpin selama 5 tahun. Terdapat beberapa catatan yang terukir indah dan karena itu saya berterima kasih kepada pemimpin pendahulu yang telah memberikan yang terbaik dengan mempertaruhkan tetesan darah demi daerah tercinta, untuk itu saat ini saya juga berterima kadih kepada Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur karena telah membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Minahasa,” tukas JWS sembari mengatakan Minahasa telah berubah dan semua pencapaian ini bisa terlaksana karena sinergitas yang ada antara masyarakat dan stakeholders.

Selanjutnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, mengaku bersyukur pada Tuhan sebab bisa hadir di HUT Minahasa ke-589.

“Republik Indonesia saja baru 72 tahun merayakan Kemerdekaan, kini Minahasa sudah 589 tahun, dan kini menjadi kabupaten Harapan, dimana selama ini tanah ini menjadi sumber penyaluran berkat bagi Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Sulut, termasuk Danau Tondano sebagai sumber air utama yang membantu kelangsungan hidup.
Kabupaten Minahasa merupakan daerah yang sangat diberkati sehingga menjadi berkat bagi daerah lain di Sulut,” ujarnya.

Peringati HUT Minahasa ke 589. DPRD Gelar Rapat Paripurna IstimewaPada kesempatan itu, Dondokambey mengucapkan terima kasih kepada para tokoh pendahulu Kabupaten Minahasa, termasuk Bupati dan Wakil Bupati JWS-Ivansa, para pimpinan dan anggota DPRD Minahasa, pemerintah dan stakholder serta seluruh komponen masyarakat yang telah turut berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Minahasa.

“Mari kita jaga budaya Minahasa yakni Mapalus dan bekerja bersama warga kita bangun Minahasa. Minahasa merupakan sumber air kehidupan bagi warga Sulut dengan kehadiran Danau Tondano, dimana airnya mengalir ke bawah ke mana-mana dan menjadi berkat bagi semua, agar menjadi tanah perjanjian yang diberkati oleh Tuhan ,” ujar Gubermur.

Usai sambutan Gubernur, dilanjutkan pemasangan lilin HUT ke-589 oleh Bupati dan Wakil Bupati Minahasa disaksikan Gubernur dan Wakil Gubernur, para undangan Forkompimda Sulut dan Forkompimda Minahasa.

Dipenghujung acara, Ketua DPRD Minahasa didampingi Wakil Ketua Chareig N Runtu dan Ventje Mawuntu menutup rapat paripurna istimewa dan dilanjutkan dengan ramah tamah. Sejumlah atraksi kesenian ditampilkan mulai dari musik bambu, tarian, kolintang dan paduan suara, menambah semaraknya HUT Minahasa ke-589. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment