Wujudkan Gerakan Sadar Pilkada, KPU Minahasa Gelar Jalan Sehat

 Sadar Pilkada, KPU Minahasa ,Jalan SehatTONDANO, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, menggelar jalan sehat dalam rangkah mewujudkan gerakan sadar Pilkada 2018, serta sebagai upaya menggenjot tingkat partisipasi pemilih, pada Minggu (29/10/2017).

“Kegiatan ini berlaku serentak secara nasional, dan untuk Minahasa start di Taman God Bless Lapangan Samratulangi Tondano dan finish di kantor KPU Minahasa, yang dilepas Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow,” ujar Ketua KPU Minahasa Meidy Y Tinangon.

Dalam kegiatan tersebut digelar pula deklarasi “Gerakan Sadar Pilkada” serta pembentukan Forkom Payangka (Forum Komunikasi Pilkada yang Aman dan Kredibel), ditandai dengan penandatanganan oleh KPU Minahasa, pemerintah, unsur Forkopimda, pengurus partai politik (parpol), LSM, Ormas serta Pers.

Komisioner KPU Minahasa Kristoforus Ngantung S.Fils, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dengan tujuan sebagai sarana edukasi agar masyarakat turut serta dalam semua tahapan Pilkada. Pesert jalan sehat berjumlah sekitar 500 orang yang terdiri dari komisioner dan staf KPU Minahasa, para calon PPK di 25 kecamatan, Panwas, Pimpinan Parpol, Ormas, LSM dan Pers.

Sementara Ketua KPU Minahasa, dalam sambutannya mengatakan Pemilu merupakan perwujudan demokrasi di tingkat lokal dan ruang kontestasi dan partisipasi politik dibuka seluas-luasnya.

“Dengan harapan akan terpilih pemimpin daerah yang memiliki kompetensi, kapabilitas, intregritas dan aksetabilitas. Era otonomi daerah membutuhkan pemimpin yang tidak saja memiliki kreatifitas dan inovasi dalam membangun daerah, tapi juga mendapat kepercayaan dan dukungan dari rakyat,” tukas Tinangon.

Lanjutnya, Pilkada serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ketiga, ada 171 daerah yang mengikuti pemilihan terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten, termasuk Kabupaten Minahasa.

Tinangon meminta kepada penyelenggara di tingkat bawah agar pemilih yang sudah mempunyai e-KTP harus dalam DPS dan DPT. Dia mengajak untuk mewujudkan Pilkada Minahasa yang kredibel dan aman.

Sedangkan Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang (Ivansa), mengapresiasi kinerja KPU Minahasa yang kini maju selangkah lagi di tahapan Pilkada Minahasa.

“Salut kepada KPU Minahasa yang sudah melakukan agenda ini,” ujar Sarundajang.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk membantu KPU dan Panwas dalam menyukseskan Pilkada agar tingkat partisipasi paling tidak bisa mencapai 90 persen,” pinta Ivansa. (Rom)