Lomban Kukuhkan TPAKD Kota Bitung

Reporter : | 26 Okt, 2017 - 10:17 pm WITA

TPAKD Kota Bitung,  Ekonomi Kerakyatan Kota Bitung , BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi, mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Ekonomi Kerakyatan Kota Bitung di BPU Kantor Walikota, Kamis (26/10/2017).

Pembentukan tim ini sesuai dengan surat keputusan Walikota Bitung No.188.45/HKM/SK/­185/2017 tanggal 24 Juli tahun 2017, dengan tujuan meningkatkan percepatan akses keuangan di Kota Bitung, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Lomban mengapresiasi dan berterima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang telah membantu terbentuknya TPAKD pertama di Sulawesi Utara untuk Kabupaten/Kota. Ia berharap tim ini mampu membantu masyarakat dengan memberikan pemahaman yang tepat tentang keuangan serta mencari solusi dari berbagai permasalahan perekonomian.

“Kendala saat ini yang menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat adalah modal, belum mampu memanagemeni usaha dengan baik, serta sektor pemasaran yang belum memadai, salah satu tugas utama tim ini adalah mencari solusi dari permasalahan tadi,” ujar Lomban.

Pembentukan tim ini, lanjut Lomban, diharapkan dapat berkolaborasi positif dengan semua stkeholder yang ada sehingga mampu mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi daerah sampai ke tingkat bawah.

“Nantinya sesuai arahan presiden kami akan melakukan monitoring secara berkala atas tingkat pertumbuban ekonomi di Kota Bitung,” jelas Lomban.

Sementara itu, Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sardjito mengatakan percepatan akses keuangan daerah perlu menjadi perhatian sekaligus prioritas bagi seluruh pemangku kepentingan daerah untuk bersama-sama mencari terobosan dalam memperluas akses keuangan yang lebih efektif, dengan memanfaatkan sumber dana yang ada guna mendukung kegiatan ekonomi yang lebih produktif.

“Sehingga pemerintah daerah dapat menopang pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Sardjito.

Pada kesempatan yang sama Walikota Bitung juga menerima penghargaan dari Menteri keuangan Republik Indonesia atas keberhasian Pemkot Bitung dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pada tahun anggaran 2016, dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan capaian standar tertinggi ini, diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Bitung Vicensia Retnasari.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan cendera mata dan turut dihadiri Kepala Regional VI OJK Sulawesi, Maluku dan Papua Zulmi, Kepala OJK Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara Elyanus Pongsoda.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.