Sumendap Berang Puskesmas Tombatu Minta Uang Bensin Ambulance Sampai Rp350 Ribu

Reporter : | 23 Okt, 2017 - 7:05 pm WITA

 Puskesmas Tombatu, kunker pemkab mitraTOMBATU, (manadotoday.co.id) – Masyarakat Tombatu Dua Barat mengeluhkan pelayanan Puskesmas Tombatu, karena setiap paisen yang akan dirujuk ke rumah sakit dibebani uang bensin sebesar Rp350 ribu oleh pegawai Puskesmas. Hal terungkap saat kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) selama dua hari di Kecamatan Tombatu dan Tombatu Utara pada Jumat pekan lalu.

“Kami masyarakat kecewa pelayanan Puskesmas Tombatu, karena setiap kali paisen akan dirujuk ke rumah sakit meminta biaya tranportasi berupa uang bensin hingga sampai Rp350 ribu,” ujar sejumlah masyarakat.

Menanggapi keluhkan masyarakat, Bupati James Sumendap SH, mengatakan akan memanggil kepala Puskesmas, jika terbukti meminta uang bensin akan langsung dicopot.

Menurutnya, masyarakat telah dijamin dengan BPJS atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diberikan oleh pemerintah bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis .

“Jadi tidak ada lagi puskesmas untuk memungut biaya transport kepada paisen yang akan meningkatkan pengobatan ke rumah sakit apalagi telah dipatok sebesar Rp350 ribu, jadi jika terbukti saya akan copot,”tegas Sumendap geram.

Dia pun meminta agar Puskesmas memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment