Pemprov Sulut dan CCCC Tanda Tangani MoU Pembangunan KEK Bitung

penandatanganan MoU  CCCC dan Pemprov Sulut
Gubernur Olly Dondokambey bersama perwakilan China Communications Constructions Company (CCCC) melakukan penandatanganan MoU tentang Pembangunan KEK Bitung.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Komitmen mempercepat pembangunan infrastruktur dan perekonomian Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus dilakukan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK).

Salah satunya, dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Pemprov Sulut dan China Communications Constructions Company (CCCC) tentang Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, di kantor Gubernur Sulut, Jumat (20/10/2017).

Pada penandatanganan MoU itu, Pemprov Sulut diwakili Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen. Sementara dari pihak China Communications Constructions Company, hadir Mr. Wang Liping, Minister Counsellor, Mr. Dong Futang, Anggota Direksi dan Kepala Bagian keuangan CRBC, Mr. Zhou Yung, Manager Departemen Investasi CRBC, Mr. Wen Yuegang, GM Kantor Perwakilan CRBC di Indonesia, dan sejumlah investor dari 13 perusahaan besar China.

Olly pada kesempatan itu, mengatakan, selain KEK Bitung pengusaha China juga tertarik berinvestasi di KEK Pariwisata Likupang dan Pulau Lembeh.

“Paling utama KEK Bitung, KEK Pariwisata dan Pulau Lembeh. Tadi itu baru tandatangan MoU, nanti tindaklanjuti tanda tangan kontrak karena semua ada tahapan-tahapannya,” jelasnya.

Lanjut Olly, kedepan Pemprov Sulut dan pemerintah China juga akan meningkatkan kerjasama sektor perdagangan dan tenaga kerja.

“Ekspor import China dan Indonesia termasuk China dan Sulawesi Utara harus ditingkatkan. Di sektor tenaga kerja juga demikian, pihak mereka berkomitmen bekerjasama dengan kita menciptakan tenaga kerja berkualitas bisa dipekerjakan disana,” terang Olly Dondokambey.

Selain investasi, Olly berharap bisa dibuka perdagangan langsung pemerintah China lewat Sulut.

Delegasi Pemerintah China yang dipimpin langsung Minister Counsellor Wang Liping, mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Sulut  atas kerjasama yang terbina ini. Dan Pemerintah China melalui kantor Ekonomi dan perdagangan mengundang Pejabat Pemprov Sulut untuk berkunjung  ke China.

“Kedepan akan memberikan bea siswa kepada pelajar atau mahasiswa yang belajar disana, dengan harapan prospek kedepan Sulut akan baik,” pungkasnya.

Diketahui, penandatanganan MoU tersebut, turut dihadiri sejumlah pejabat Eselon II di Lingkup Pemprov Sulut. (ton)