Warga Lembeh Kini Nikmati Listrik 24 Jam

Lembeh, listrik pulau Lembeh , PT PLN Wilayah SuluttenggoBITUNG, (manadotoday.co.id) – Harapan warga Pulau Lembeh, untuk menikmati listrik 24 jam non stop, kini telah terwujud. Pasalnya, PT PLN Wilayah Suluttenggo sudah menyalurkan daya listrik dari daratan ke pulau eksotis tersebut lewat peresmian Jaringan Listrik Bitung-Pulau Lembeh, di Kelurahan Pintu Kota, Kecamatan Lembeh Utara Jumat (20/10/2017).

Peresmian ditandai dengan menekan tombol sirene oleh Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, bersama Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, juga GM PLN Suluttenggo Edison Sipahutar, serta Forkopimda Bitung disaksikan Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Mantiri Tangkudung dan Ketua DWP Kota Bitung Riny Pangemanan Tinangon.

Lomban mengatakan, dengan tersambungnya jaringan listrik ini, 17 kelurahan di Kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan kini bisa menikmati listrik layaknya masyarakat Kota Bitung, Manado, dan daerah lainnya karena sudah terhubung dengan sistem interkoneksi Sulawesi Utara-Gorontalo.

“Sehingga listrik yang masyarakat nikmati sekarang bisa saja dibangkitkan dari pembangkit listrik di Amurang, Lahendong ataupun Gorontalo,” kata Lomban.

Lanjut Lomban, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung memberikan bantuan 100 pemasangan meteran/ instalasi listrik gratis di 2 Kecamatan yang ada di Pulau tersebut, yakni 50 di Lembeh Selatan dan 50 di Lembeh Utara.

“Dan yang berhak menerima bantuan ini hanyalah mereka yang benar-benar kurang mampu, yang nantinya akan diselesksi oleh tim. Tujuannya dalam rangka penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran,” jelas Lomban.

Senada dengan Lomban, Mantiri mengatakan dengan masuknya listrik ke Pulau Lembeh akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Kota Bitung.

“Konsep pertumbuhan ekonomi Kota Bitung khususnya sektor pariwisata adalah dengan melibatkan masyarakat. Dengan adanya aliran listrik selama 24 jam, masyarakat dituntut berpartisipasi aktif lewat pembangunan Home Stay, minimal satu kamar dalam satu rumah, akan mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di Pulau Lembeh,” jelas Mantiri.

Seperti diketahui total panjang jaringan yang dibangun untuk meghadirkan listrik di Pulau Lembeh lebih dari 6,8 KMs yakni dari Gardu Induk Bitung sampai Pulau Lembeh yang terdiri dari 4 buah tapak tower yang dibangun di Kungkungan, Pulau Serena, Pasir Putih, dan Batu Kota.(kys)