Kemenkes Cek Perkembangan Pembangunan Kesehatan di Kota Tomohon

Dirjen saat berada di SD Katolik St Clara didampingi Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc MTh dan Kadis Dikbud Dr Juliana D Karwur MKes MSi
Dirjen saat berada di SD Katolik St Clara didampingi Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc MTh dan Kadis Dikbud Dr Juliana D Karwur MKes MSi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Mengecek perkembangan pembangunan kesehatan di Kota Tomohon, Kamis (19/10/2017) Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI dr Anung Sugihartono berkunjung ke Kota Bunga Tomohon.

Di Kota Tomohon, Anung dan rombongan mengunjungi SD Katolik St Clara dan Puskesmas Kakaskasen yang konon merupakan Puskesmas termegah di bagian Timur Indonesia.

‘’Sekolah yang sehat adalah yang memenuhi berbagai aspek penilaian di antaranya perilaku para murid dalam konteks kesehatan dan pendidikan, aspek pelaksanaan pembelajaran termasuk di dalamnya ketersediaan kader kesehatan ‘dokter kecil’, serta aspek peran serta orang tua atau masyarakat di lingkungan sekolah,’’ ujar Anung saat berada di SD Katolik St Clara didampingi Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes dr Imran Agus Nurali Sp KO bersama Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI drg Oscar Primadi MPH bersama jajaran.
Kemenkes juga mengapresiasi Pemerintah Kota Tomohon yang memiliki Puskesmas sekelas Puskesmas Kakaskasen.

“Salut bagi pemerintah Kota Tomohon yang tetap memperhatikan berbagai aspek kesehatan, dengan memiliki banyak Puskesmas. Hal ini menjadi salah satu tolak ukur bahwa Pemerintah Kota Tomohon sangat peduli dengan kesehatan,” tambahnya.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan mengungkapkan program-program unggulan di bidang pelayanan kesehatan yang ada di Kota Tomohon saat ini yakni program upaya kesehatan masyarakat dengan kegiatan antara lain pelayanan kesehatan penduduk miskin di Puskesmas dan jaringannya, pelayanan JKN, Jamkesda, serta  program Public Health Nurse (PHN), kesehatan jiwa, kesehatan olahraga, kesehatan dan keselamatan kerja.

Dirjen di Puskesmaas Kakaskases didampingi Wakl Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan dan Kadis Kesehatan dr Deesje Liuw MBiomed
Dirjen di Puskesmaas Kakaskases didampingi Wakl Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan dan Kadis Kesehatan dr Deesje Liuw MBiomed

‘’Dengan sarana dan prasarana kesehatan yang telah ada, Pemerintah Kota Tomohon terus memasksimalkan pelayanan kesehatan disertai tenaga medis dan pelaksanaan tugas-tugas di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat,’’ kata Eman.

Ikut hadir menerima kunjungan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debby Kalalo MSc, Kepala UPTD Bapelkes Provinsi Sulut dr Faly Ratulangi MKes, Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh, Kadis Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw M Biomed bersama jajarannya, Kadis Dikbud Tomohon Dr Juliana D Karwur MKes MSi. (ark)