Sambut Tim Verifikasi Kabupaten Sehat, Sekda Liwe: Mitra Targetkan Swasti Saba Padapa

Reporter : | 19 Okt, 2017 - 4:56 pm WITA

 Kabupaten Sehat, Swasti Saba PadapaRATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang dipimpin Sekretaris Daerah Ir Farry Liwe, menyambut tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat tingkat nasional, Rabu (18/10/2017).

Sebelum mengunjungi beberapa lokasi penilaian di Minahasa Tenggara, tim verifikasi yang dipimpin Deky Virandola, SKM, MSi, bersama dr Carolina Akib, MSi dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Mitra serta mendengarkan pemaparan program dari ketua tim kabupaten sehat Mitra Ronny Gosal.

Lokasi penilaian untuk Kabupaten Sehat yakni Sekretariat Kabupaten Sehat Mitra di Ratahan, Sekretariat Kabupaten Sehat tingkat Kecamatan di Ratahan, Sekretariat Kabupaten Sehat tingkat Kelurahan Tosuraya Selatan, SDN 3 Ratahan, serta Aula Desa Pangu.

Di Sulawesi Utara ada sekira 10 daerah yang diverifikasi namun hanya enam yang dianggap layak dan salah satunya Kabupaten Mitra dinilai untuk kategori Swasti Saba Padapa.

“Jadi sesuai verifikasi dari enam kabupaten dan kota yang dinyatakan layak salah satunya Minahasa Tenggara,” ujar ketua tim verifikasi Deky Virandola, SKM, MSi.

 Kabupaten Sehat, Swasti Saba PadapaSementara Sekretaris Daerah Ir Farry Liwe, mengatakan dengan kesiapan lokasi yang menjadi standar penilaian oleh tim verifikasi, maka Pemkab Mitra sudah siap untuk penilaian Kabupaten Sehat.

“Pemkab Mitra menargetkan hasil verifikasi tingkat Nasional Kabupaten Minahasa Tenggara dapat memperoleh penghargaan Swasti Saba Padapa,”harap Liwe.

Liwe juga berharap peran aktif dari instansi terkait serta masyarakat agar target bisa dicapai.

“Tentunya diharapakan ada keterlibatan dari instansi terkait serta masyarakat dalam verifikasi penilaian ini sehingga Mitra dapat memperoleh penghargaan Swasti Saba Padapa,” pinta Liwe.

Sekda pada kegiatan tersebut didampingi Asisten II Drs Robby Ngongoloy, Asisten I Drs GH Mamahit, sejumlah kepala dinas, Staf khusus Bupati Ir Ronny Soputan, Ronni Gosal, SE, dan Prof.DR Zethly Tamod.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment