Pemkot Tomohon Gelar In House Training Pengelolaan Keuangan Daerah Kelas Eksekutif

In house training kelas eksekutif yang digelar Pemkot Tomohon
In house training kelas eksekutif yang digelar Pemkot Tomohon

MANDOLANG, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Keuangan Daerah 17-19 September menggelar In House Training Pengelolaan Keuangan Daerah Kelas Eksekutif di Hotel Mercure Tateli Kecamatan Mandolang Minahasa.

Dalam sambuatnnya saat membuka kegiatan, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, pelatihan pengelolaan keuangan daerah bagi aparat pemerintahan daerah kelas executive ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Tomohon dalam pencapaian prioritas pembangunan Nasional, Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Tomohon.

‘’Kegiatan ini juga menjawab permasalahan bagi aparatur pemerintah yaitu kurangnya pemahaman peraturan yang ada khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah. Saya ingin mengajak kepada kepala perangkat daerah untuk memanfaatkan pelaksanaan kegiatan ini sebagai momentum peningkatan kualitas pribadi yang selanjutnya tentu dapat meningkatkan kinerja dan perangkat daerah yang dipimpin,’’ ujar Eman.

Wali kota juga berharap agar para peserta dapat menguasai seluruh peraturan pengelolaan keuangam daerah, sehingga dapat diminimalisasi kesalahan maupun pelanggaran dalam pelaksanaan anggaran di masing-masing perangkat daerah.
Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus E Mogi dalam laporannya mengatakan, berkembangnya pembangunan di Kota Tomohon dengan pesat dan pertumbuhan ekonomi yang cukup memadai, menggambarkan betapa berperannya partisipasi masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan.

‘’Untuk itu, sebagai ASN harus memiliki komitmen yang diimbangi dengan penguasaan tentang peraturan perundang-undangan sebagai dasar atau pedoman lebih khusus peraturan yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan dan barang milik daerah di Kota Tomohon,’’ tandasnya.

Para peserta in house training
Para peserta in house training

Salah satu upaya yang tepat untuk mendorong peningkatan SDM ini adalah kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan daerah yang dikemas dan diformulasikan ke in house training level executive dan akan menjadi wadah komunikasi, forum diskusi dan transformasi ilmu pengetahuan,’’ tukas mantan Kabag Humas dan Protokol Setdakot Tomohon ini.

Narasumber Kasubdit  Bimbingan Teknis Keuangan pada Direktorat Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah Ditjen Perimbangan Keuangan Desky Wijaya beserta staf Ricka Yunita Prasetya, dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri RI Dr Achmad Dheni Suwardhani SE MSi.

Peserta terdiri dari para staf ahli, asisten, kepala perangkat daerah, kabag dan camat se-Kota Tomohon. (ark)