Sekum TP-PKK Pusat dan Ketua TP-PKK Sulut Monev Gertam Cabai di Boltim

Gertam cabai pkk sulut
Sekum TP-PKK Pusat Ir. Rosi Rosana Septimurni, M.Kes, bersama Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, ketika melakukan monev Gertam Cabai di Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

KOTABUNAN, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Umum TP-PKK Pusat Ir. Rosi Rosana Septimurni, M.Kes, bersama Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) keberhasilan dan efektivitas Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Selasa (10/10/2017).

Hasil monitoring yang sangat menggembirakan. Bibit cabai yang disebarkan dan dibagikan Pemkab Boltim pada pencanangan Bulan Februari 2017 itu telah tumbuh dan berbuah serta telah dinikmati hasilnya oleh rumah tangga di Boltim.

Ibu-ibu yang merupakan kader-kader PKK desa dan kader organisasi lainnya mengakui bahwa mereka tidak ada kendala menanam cabai di pekarangan, tidak merasa repot, bahkan sangat menyenangkan karena mereka tidak lagi memikirkan harga cabai yang mahal dan sangat praktis, “tinggal petik langsung digunakan untuk memasak”. Untuk merawat cabai umumnya mereka melakukan sendiri atau melibatkan anggota keluarga yang lain seperti anak-anak mereka untuk membantu menyiram.

Ibu Rita mengapresiasi Gertam Cabai di Boltim. Menurutnya PKK berperan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui program itu.

”PKK berperan untuk menggali, menggerakan dan mengembangkan potensi keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga sesuai dengan kebijaksanaan yang telah ditetapkan,” kata Ibu Rita.

Hal senada disampaikan Sekum TP-PKK Pusat Septimurni. Dia menerangkan tujuan Gertam Cabai adalah untuk mengantisipasi harga cabai yang melonjak tinggi.

”Mudah-mudahan Gertam Cabai ini bisa diikuti dengan gerakan-gerakan yang bermanfaat lainnya, karena kita punya program Hatinya PKK ” katanya.

Diketahui, sebagai implementasi Gertam Cabai, Pemkab Boltim melalui Dinas Pangan pada APBD Tahun 2017 telah mengalokasikan bantuan, sebanyak 10 desa yang tersebar di 6 Kecamatan dwngan sasaran dasawisma atau TP-PKK Desa.

Disamping itu bantuan bibit cabai dari BPTP Provinsi Sulut sebanyak 2000 pohon yang dialokasikan di dua desa yaitu Desa Iyok di Kecamatan Nuangan dan Desa Bukaka di Kecamatan Kotabunan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Boltim, Ny Nursiwin Landjar-Dunggio mengaku optimis kunjungan dari TPP PKK Pusat dan Sulut itu dapat menunjang keberlangsungan serta keberhasilan Gertam Cabai di Boltim.

“Terima kasih atas kunjungan dari TP PKK Pusat dan Provinsi, kiranya kunjungan ini dapat berkelanjutan dalam rangka pembangunan kabupaten Boltim secara keseluruhan,” ucap Nursiwin.

Agenda itu turut dihadiri Wakil Bupati Boltim, Drs. Rusdi Gumalangit dan pengurus PKK Sulut. (ton)