Gubernur Sulut Buka Porprov Sulut ke-IX Tahun 2017 di Minahasa

JWS: Ini Awal Kebangkitan Olahraga di Sulut

Porprov Sulut ke-IX , Porprov Sulut 2017 TONDANO, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE (OD), resmi membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) ke-IX tahun 2017, di Stadion Maesa Tondano, Senin (09/10/2017).

Kegiata yang digelar di Kabupaten Minahas tersebut, diawali dengan menyayikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan defile bendera merah putih, bendera 21 cabang olahraga yang dilombakan diikuti perwakilan atlit dan wasit serta 15 kontingen sebagai peserta.

Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si (JWS) atas nama masyarakat dan selaku tuan rumah, menyampaikan selamat datang kepada Panglima Kodam XIII Merdeka Mayjen Ganip Warsito, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, Bupati dan Walikota di Sulut, Forkopimda Minahasa, Pengurus KONI Sulut dan kontingen Kabupaten/ Kota, para tamu undangan, serta pendukung acara pembukaan.

“Sempat terhenti selama 16 tahun lamanya baru kali ini Porprov digelar di Minahasa. Selaku pemerintah dan masyarakat kami bersyukur karena Minahasa boleh menjadi tuan rumah. Terima kasih kepada Pemprov dan KONI Sulut yang telah mempercayakan Minahasa untuk melaksanakan ajang ini ,” ujar JWS.

Disini warna boleh berbeda, namun olahraga telah menyatukan kita, mari bertanding secara sportif dan raihlah prestasi agar Sulut semakin hebat dan semakin terkenal karena olahraganya.

“Porprov IX menjadi ajang kebangkitan olahraga Sulut,” papar Bupati JWS.

Bendahara KONI Pusat Laksaman Johnny Awuy, memberikan penghargaan yang tinggi kepada Pemprov Sulut dan KONI Sulut atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan kegiatan ini sukses dan mampu menjaring atlit untuk mengharumkan daerah asal dan Indonesia di kancah international.

“Dalam waktu dekat Indonesia akan melaksanakn dua event olahraga, yakni Asean Games tahun 2018 di Jakarta dan Palembang, dan PON 2020 Papua. Semoga dua event ini akan menjadi faktor pendorong munculnya prestasi yang patut dibanggakan di bidang olahraga,” tukasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemasangan Obor Porprov oleh para atlit berprestasi asal Sulut. Sebelumnya Obor ini telah diarak mulai dari Bukti Kasih Kanonang, Kecamatan Kawangkoan Raya, Kecamatan Langowan Raya, Tompaso, Remboken, mengitari wilayah Kecamatan Tondano Raya dan sampai di Stadion Maesa Tondano.

Acara selanjutnya pembacaan sumpah janji wasit dan atlit, yang dibacakan oleh Wasit International Bola Voli Meilan Mamangkey dan Atlet Pencak Silat Berprestasi Abdul Malik.

Kemudian, Gubernur OD dalam sambutannya mengatakan, Porprov sudah lama tidak dilaksanakan dan baru tahun ini lagi digelar di kabupaten Minahasa. Untuk itu, dirinya berharap event dua tahunan ini dapat berjalan normal kembali untuk melahirkan atlit-atlit berprestasi yang mamou membawa harum nama daerah bahkan bangsa.

“Biarlah melalui olahraga kita dapat menciptakan manusia-manusia sehat yang berdaya saing baik secara jasmani dan rohani. Biarlah olahraga menjadi wadah pemersatu bangsa,” kata Dondokambey.

Lanjutnya, tahun 2020 nanti akan ada PON tahun 2020 di Papua. Melalui ajang ini diharapkan akan mempersiapkan kontingen PON 2020 Papua, agar Sulut bisa mewujudkan target yakni meraih 20 Medali Emas.

“Kontingen yang berprestasi dalan Porprov Sulut 2017 ini akan mendapat dana sebanyak Rp10 Miliar untuk juara satu, Rp5 Miliar untuk juara dua dan Rp2,5 Miliar untuk juara tiga, serta tiap kontingan yang mengambil bagian dalam Porprov tahun ini masing akan mendapat Rp 1 Miliar,” tutur OD.

Acara kemudian diakhiri dengan pencanangan kebangkitan Olahraga di Sulut, yang ditandai dengan bunyi sireine dilanjutkan dengan tarian dance dengan pesan “Kita Hadir Untuk Menang, Dan diiringi lagu Sulut Hebat ciptaan Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, dengan melibatkan sebanyak 1.500 pelajar SMP di Kota Tondano yang disambut meriah oleh peserta dan tamu undangan yang memadati Stadion kebanggaan warga Minahasa ini. (Rom)