Talkshow FPSL, Khouni Lomban-Rawung Paparkan Program Lingkungan Hidup Kota Bitung

Reporter : | 09 Okt, 2017 - 9:17 am WITA

Dra Khouni Lomban Rawung MSi, Program Lingkungan Hidup Kota Bitung, FSPL 2017, Festival Pesona Selat Lembeh BITUNG, (manadotoday.co.id) – Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung MSi, memaparkan program kelestarian lingkungan hidup Kota Bitung, pada acara talkshow dalam rangka Rangkaian Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) Kota Bitung 2017 yang dihadiri artis pemerhati lingkungan Nugie, di Lapangan Satkamla Bitung Sabtu akhir pekan kemarin.

Pada talkshow yang dipandu presenter kondang salah satu TV swasta Vivi Yahya, Khouni memaparkan program 5 bersih yang dicanangkan pemerintahan Maximiliaan Lomban-Maurits Mantiri (MaMa) yaitu: Bersih di Darat, Bersih di Laut, Bersih di Bawah Tanah, Bersih di Udara, Bersih Aparat Sipil Negara (ASN) dengan beberapa pencanangan gerakan Go Green, gerakan membawa Thumbler, pengurangan media plastik, melakukan 3 R (reuse, recycle, reduce), selamatkan Yaki, lindungi Selat Lembeh, gerakan Mari Jaga Lingkungan Masing Masing MJL-MM, MaMa Gemar (Gerakan Hemat Air) serta yang paling teranyar yaitu Komunitas Sekolah Sungai.

Lanjutnya, sebagai Duta Yaki Khouni masih terus berjuang melawan perburuan liar satwa endemik yang saat ini masuk kategori hampir punah.

“Peran Yaki dalam menjaga hutan sangat penting, Yaki adalah spesies kunci untuk konservasi alam. Perburuan Yaki sampai saat ini masih terjadi, dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 menyatakan konsekuensi atas perburuan Yaki yaitu 5 tahun penjara dan denda Rp.100 juta, maka daripada itu mari kita jaga bersama kelestarian hewan endemik ini, dan apabila ditemukan perburuan Yaki mari kita laporkan ke pihak yang berwenang,” tutur Khouni.

Nugie yang adalah seorang aktivis lingkungan hidup dan duta WWF mengatakan bahwa Bitung dimata dunia seperti sebuah berlian yang semakin berkilau. Nugie berharap kaum muda Kota Bitung untuk dapat memulai gaya hidup sehat, mencintai lingkungan dan dapat menggunakan media sosial dalam mendukung gerakan gerakan pelestarian lingkungan.

Ferdy Pangalila yang saat itu menjadi pembicara dengan kapasitas sebagai Wakil Sekolah Sungai Kota Bitung maupun aktivis lingkungan hidup, memaparkan bahwa Sekolah Sungai adalah sebuah komunitas sekolah yang bertujuan untuk menyadarkan semua pihak akan pentingnya sungai, hutan, gunung dan laut bagi kehidupan manusia sehingga kelestariannya harus kita jaga.

Talkshow kemudian ditutup oleh penampilan Nugie yang mengguncang panggung FPSL 2017 dengan lagu-lagu hitsnya.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment