KPK Geledah Rudis dan Kantor Ketua PT Manado

Reporter : | 09 Okt, 2017 - 12:28 am WITA

MANADO, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) melakukan pengeledahan di Kantor Pengadilan Tinggi Manado dan rumah dinas (rudis) Ketua PT Manado (Sudiwardono), Minggu (8/9/2017).

Tim KPK yang tiba siang hari dengan menggunakan tiga mobil jenis inova, mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, mengatakan, pengeledahan ini menindaklanjuti operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Sudiwardono dan Anggota DPR RI asal Sulut, Aditya Anugrah Moha.

“Penggeledahan dilakukan di rumah dinas AAM (Aditya Anugrah Moha) di Kompleks DPR RI, Kalibata, Jakarta Selatan. Dan di Manado, dua tim secara paralel melakukan penggeledahan secara bersamaan di Kantor Pengadilan Tinggi Manado dan rumah dinas Ketua PT Manado (Sudiwardono),” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (8/10/2017).

Dikatakan Febri, tim KPK menemukan barang bukti elektronik dan dokumen, terkait penanganan perkara ibunda Aditya Moha, Marlina Moha Siahaan.

“Pengeledahan ini penyidik menyita barang bukti elektronik dan dokumen yang terkait dengan proses penanganan perkata tindak pidana korupsi atas nama terdakwa Marlina Moha Siahaan dalam perkara tindak pidana korupsi tunjangan penghasilan aparatur pemerintah desa (TPAPD) Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2010,” ujar Febri.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Aditya Moha dan Ketua PT Manado Sudiwardono sebagai tersangka. Keduanya diduga terlibat dalam kasus suap hakim untuk mengamankan putusan banding vonis Marlina Moha yang merupakan ibu dari Aditya.

“Ada tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji oleh hakim PT Sulut, KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan serta menetapkan dua tersangka,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Sabtu (7/10/2017).

Dari operasi tangkap tangan (OTT) kasus tersebut, KPK mengamankan SGD 64 ribu. OTT dimulai saat penyerahan uang suap terjadi di sebuah hotel di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat dari Aditya kepada Sudiwardono.

Selain melakukan penggeledahan, KPK juga menyita rekaman CCTV dan bukti pesan dari tempat terjadinya transaksi suap. (tim)

Baca Juga :

Leave a comment