Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Liwe: Pancasila Simbol Pemersatu Bangsa

Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila, Sekda LiweRATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar apel dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang dipimpin Sekretaris Daerah Ir Farry Liwe MSc, dan diikuti seluruh ASN di lingkup Pemkab Mitra.

Liwe, saat membacakan sambutan Bupati, mengatakan, selama 72 tahun Indonesia Merdeka, Pancasila telah banyak mengalami ujian dan dinamika dalam sistem politik, berbagai ancaman dan tantangan akan keutuhan NKRI selalu menjadi sejumlah permasalahan, radikalisme dan terorisme telah membuat kita sadar bahwa ancaman disintegrasi bukan hanya berasal dari luar tapi ancaman terbesar yaitu berasal dari dalam Negeri.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk konsisten menjaga, melindungi dan memelihara tegaknya NKRI dari ganguan apapun itu,dengan menerapkan nilai nilai nasionalisme dalam kehidupan sehari hari,” ujar Liwe saat membacakan sambutan Bupati, Senin (2/9/2017).

Liwe menuturkan, Sejak dicetuskan pertama kali oleh IR Soekarno Pancasila sebagai dasar negara, maka nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat menjadi simbol pemersatu bangsa dan pandangan hidup bangsa.

“Dengan Peristiwa G30S PKI tahun 1965 telah memberikan pelajaran bagi kita untuk terus waspada, dan patut kita syukuri saat ini negara yang kita cintai masih bersiri tegak dan semakin kuat menghadapai tantangan,”ungkap Liwe.

Dia pun berharap, agar semua elemen bangsa membentuk karakter yang bukan hanya mengedepankan wacana yang sifatnya seremonial, tapi bersikap proaktif menangkal segala paham radikal dan tak kalah penting mengedepankan keutuhan dengan saling menghargai, menghormati dan menjaga kerukunan didalam segala perbedaan.(ten)