Salah Satu Fungsi Parpol Adalah Memberi Pendidikan Politik Kepada Masyarakat

Parpol , fungsi parpol, kpu minahasa, Kristoforus Ngantung S.fils, TONDANO, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa kembali mengingatkan pengurus partai politik (parpol) tentang salah satu fungsi parpol yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2008. yaitu sebagai sarana pendidikan politik, bukan hanya untuk anggota partai saja tapi juga kepada masyarakat luas. Hal ini diungkapkan Komisoner KPU Minahasa yang membidangi Divisi Sosialisasi, Parmas dan Sumber Daya Manusia (SDM), Kristoforus Ngantung S.fils, saat memberikan materi dalam pelatihan agen sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis komunitas di kantor KPU Minahasa, Sabtu (30/9/2017).

“Salah satu tugas Parpol adalah mendidik masyrakat, hal ini penting sebab banyak yang berpikir bahwa sosialisasi tentang Pemilu itu hanyalah tugas KPU semata,” papar Ngantung.

Padahal sesuai amanat undang-undang, Parpol berfungsi dan berkewajiban untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat luas, baik itu secara kontekstual maupun teoritis. Ini tugas yang sangat penting namun sering dilupakan.

Lanjut Ngantung, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan tingkat partisipasi pemilih yang siginifikan dalam penyelenggaraan Pilkada di Minahasa beberapa tahun belakangan disebabkan oleh rendahnya pendidikan politik bagi masyarakat.

“Memang ada banyak faktor yang memicu terjadinya penurunan tingkat partisipasi pemilih dalam tiga pemilu terakhir di Kabupaten Minahas, salah satunya karena sebagian parpol belum mampu melaksanakan fungsi dan perannya itu,” lugasnya.

Pihak KPU sendiri terus berupaya mengingatkan fungsi ini dalam sejumlah kegiatan sosialisasi dengan sejumlah elemen dan stakeholder, salah satunya melibatkan pengurus parpol di Minahasa.

“Intinya untuk mensukseskan Pilkada, KPU membutuhkan dukungan dari seluruh elemen, baik masyarakat maupun stakeholder yang ada. Makanya sudah menjadi tugas kami untuk terus mengingatkan peran dari masing-masing elemen ini,” tandas Ngantung. (Rom)