Lolowang Buka Expose Data Statistik BPS Kota Tomohon

Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc MTh saat membuka kegiatan
Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc MTh saat membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan pemerintah Kota Tomohon Kamis (28/9/2017) menggelar kegiatan Expose Data Statistik bertempat di Aula kawanua Cottage. Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon diwakili Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tomohon mengatakan, kegiatan Expose Data yang dilakukan oleh BPS Kota Tomohon  ini sangat penting dalam rangka memperkenalkan data-data statistik yang telah dihasilkan oleh BPS Kota Tomohon dalam tugasnya memotret fakta sosial dan ekonomi yang telah terjadi di Kota Tomohon.

‘’saya mengajak pada semua jajaran pemerintah Kota Tomohon untuk berkoordinasi dan bekerja sama dalam menghasilkan data yang berkualitas, sehingga perencanaan pembangunan dapat disusun dengan tepat sesuai kenyataan yang ada. Dengan data yang akurat maka kesejahteraan masyarakat akan terangkat,’’ kata Eman dibacakan Lolowang.

Peran BPS lanjut Eman, sangat penting. Data statistik yang dihasilkan oleh BPS  merupakan rujukan, pedoman di dalam pemerintah memformulasikan kebijakan, merencanakan pembangunan baik nasional, sektoral maupun regional dalam arti daerah dan data yang dihasilkan yakni hasil statistik dan hasil sensus.

Peserta kegiatan Expose Data BPS
Peserta kegiatan Expose Data BPS

“Sangat penting untuk evaluasi, koreksi, dan perbaikan, baik itu kebijakan, rencana, program, dan tentunya termasuk anggaran yang kita keluarkan. Bahkan apa yang dihasilkan BPS itu juga berguna untuk telaah dan debat publik yang tentu tujuannya untuk melakukan koreksi dan penyempurnaan dari pembangunan yang kita laksanakan,’’ tukas wali kota.

Hadir dala kegiatan tersebut Kapolsek Tomohon Selatan Iptu Teddy Lengkey SH, narasumber Kepala BPS Kota Tomohon Hirsfeld Manullang SSi MSi, Kasie Integrasi Pengelolaan dan Diseminasi Statistik Mohamad Samsudin SST MSi serta para peserta Expose Data dari instansi terkait dan para pengusaha di Kota Tomohon. (ark)