Target 10.500, Baru 2.000 Didaftarkan untuk Penerbitan Sertifikat Tanah di Tomohon

Wali Kota Tomohon dan jajaran serta Kakanwil BPN Sulawesi Utara Fredy A Kolintama ST MSi
Wali Kota Tomohon dan jajaran serta Kakanwil BPN Sulawesi Utara Fredy A Kolintama ST MSi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Kamis (28/9/2017) menerima kunjungan Kakanwil BPN Sulawesi Utara Fredy A Kolintama ST NSi dalam rangka menyampaikan progres program Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Tomohon.

Dalam laporan tersebut, dari target 10.500 bidang tanag bersertifikat di tahun 2017, baru sekitar 2.000 yang didaftarkan. JIka nantinya target tercapai, penyerahan sertifikat akan dilakukan ;langsung Presiden Joko Widodo.

Untuk itu, Kakanwil berharap program ini mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon. karena merupakan program jemput bola dari BPN yang dilaksanakan secara nasional, dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh surat kepemilikan tanah/sertifikat tanah dalam rangka menjamin kepastian hukum atas tanah yang dikuasainya.

Wali Kota Tomohon memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya terhadap program ini. “Saya minta kepada camat dan lurah selaku ujung tombak di lapangan untuk memfasilitasi BPN dan masyarakat dalam melaksanakan program ini. Tingkatkan koordinasi dan berikan dukungan terhadap program ini dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku. Jangan lakukan hal2 yang justru menghambat program ini, atau bahkan yang dapat mengakibatkan masalah hukum,’’ tegas wali kota.

Ia juga meminta kepada Perangkat Daerah terkait antara lain Inspektur dan para asisten, untuk meningkatkan pengawasan di lapangan.
‘’Kiranya masyarakat Kota Tomohon dapat merespon dengan baik program PTSL ini, karena program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam menjamin kepastian hukum hak atas tanah yang dikuasai,’’ tandas Eman.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan,  Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur, Wakil Ketua DPRD Youdy YY Moningka SIP,  Sekda Ir Harold V Lolowang MSc, Inspektur Kota Ir Djoike Karouw MSi, para asisten serta Kabag Humas dan Protokol Christo Kalumata SSTP. (ark)