Bupati Canangkan Kampung KB di Desa Koka

Reporter : | 27 Sep, 2017 - 11:10 pm WITA

Kampung KB ,Desa KokaTOMBULU, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si, mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) tingkat kecamatan kabupaten Minahasa, di desa Koka kecamatan Tombulu, pada Rabu (27/9/2017).

Hadir dalam acara itu Kepala dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kabupaten Minahasa Dra. Joula Mamahani, jajaran pemerintah kabupaten Minahasa, seluruh camat se-kabupaten Minahasa, Kepala bidang ADFIN ( Advokasi Penggerakan dan Informasi) perwakilan BKKBN Sulawesi Utara, forkopimda kecamatan Tombulu, kepala desa Koka, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para undangan.

Acara diawali dengan pembacaan laporan oleh kepala dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana kabupaten Minahasa Dra. Joula Mamahani dan dilanjutkan dengan penekanan tombol pencanangan serta penandatanganan prasasti secara simbolis oleh Bupati Drs. Jantje W Sajow, MSi.

Kepala perwakilan BKKBN Sulawesi Utara yang diwakili kepala bidang advokasi penggerakan dan informasi perwakilan BKKBN Sulut Jacky Sambuaga, SE, dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Minahasa atas komitmen dan dukungan dalam pelaksanaan keberhasilan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga di kabupaten Minahasa.

“Kampung KB telah dicanangkan langsung oleh bapak Presiden Republik Indonesia secara nasional pada tahun 2016 yang dipusatkan di kabupaten Cirebon provinsi Jawa barat dan telah ditindak lanjuti pencanangan di provinsi Sulawesi Utara di Kima Bajo kabupaten Minahasa Utara,” ujarnya.

Pada tahun 2017, target nasional provinsi Sulawesi Utara akan mencanangkan kampung KB di setiap satu kecamatan, dan di kabupaten Minahasa yang akan dicanangkan 25 kampung KB.

Sasaran kampung KB adalah keluarga, pasangan usia subur, balita, remaja, lansia, dan masyarakat yang berbeda di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan di seluruh tanah air. Kampung KB merupakan program prioritas pemerintah melalui keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mendukung pencapaian RPJMN 2015-2019, di mana sangat memerlukan keterlibatan seluruh instansi terkait dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan dengan dicanangkannya kampung KB di kabupaten Minahasa lebih khusus di desa Koka, akan memberikan dampak positif kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat serta dalam program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga di kabupaten Minahasa.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya bersyukur karena selama menjabat sebagai Bupati baru sekarang acara KB dilaksanakan di desa Koka. Bupati juga sangat bersyukur karena bisa meraih kejuaraan nasional pelayanan KB sebelum dan sesudah persalinan dan Tondano menjadi salah satu perwakilan.

Dia juga mengatakan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Untuk itu meningkatkan peran pemerintah, pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat agar turut berperan serta aktif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat,”tandanya. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment