Polres dan Pemkab Minahasa MoU Sosialisasi Penerimaan Calon Anggota Polisi tahun 2018

Polres minahasa, Penerimaan  Anggota Polisi 2018TONDANO, (manadotoday.co.id) – Senin, (25/09/2017) bertempat ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, dilakukan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Polres Minahasa dengan Pemkab Minahasa tentang sosialisasi penerimaan calon anggota kepolisian tahun 2018 dalam bentuk pembinaan dan pelatihan sebelum mengukuti tes penerimaan.

Polres Minahasa diwakili Kompol Alkat Karouw, sedangkan pemerintah Sekda Jefrry R Korengkeng SH M.Si, penandatanganan disaksikan Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangalah M.Si, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Drs Moudy Pangerapan MAP, dan beberapa anggota kepolisian.

Menurut Karouw, tahun depan akan ada penerimaan anggota kepolisian, dan untuk memudahkan calon peserta maka dibuatlah MoU antara Kepolisian dan Pemerintah dengan harapan calon peserta memiliki pengetahuan yang cukup, fisik yang prima dan mental yang kuat.

“Kerja sama ini dimaksudkan agar pemerintah turut serta mensosialisasikan dan turut membantu hal-hal yang bersifat teknis. Dan lewat kegiatan ini masyarakat yang ingin mendaftar tidak kaget lagi, sebab kepada mereka akan diberikan pembinaan fisik dan kesehatan serta pelatihan, juga pengetahuan,” ujar Karouw, sembari menambahkan penerimaan ini diutamakan bagi masyarakat yang ada dipesisir, pengunungan dan pulau terluar, tapi jika tidak ada maka berlaku umum.

Sementara itu, Sekda Korengkeng menyambut baik inisiatif Polri ‘menjemput bola’. Kalau tahun-tahun sebelumnya penerimaan angggota sudah cukup baik, namun dengan adanya pra penerimaan seperti ini maka akan memudahkan masyarakat mengetahui keadaan fisiknya, pengetahuan dan juga mental.

“Umumnya peserta jatuh dipsikotes atau pengetahuan dan fisik, sehingga dengan adanya sosiisasi pembinaan dan pelatihan masyarakat makin paham dan mengerti apa saja yang akan diuji dan sudah mengetahui kemampuannya, termasuk tinggi badan dan lainnya,” tutur Sekda, sambil menambahkan bahwa pemerintah sangat berterima kasih sebab saat ini adalah saat yang tepat dalam rangka mempersiapkan masyarakat yang ingin menjadi anggota Polisi. (Rom)