Sekdaprov Sulut Hadiri Peringatan 1 Muharam 1439 H di Masjid Ahmad Yani Manado

Reporter : | 21 Sep, 2017 - 9:52 pm WITA

Masjid Ahmad Yani Manado

Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, ketika hadiri perayaan Peringatan 1 Muharam 1439 Hijriah di Masjid Ahmad Yani Manado.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen, wakili Gubernur Oly Dondokambey pada perayaan Peringatan 1 Muharam 1439 Hijriah di Masjid Ahmad Yani Manado, Kamis (21/9/2017).

Silangen dalam sambutannya, mengatakan atas nama Pemprov Sulut, pribadi dan keluarga, mengucapkan selamat memperingati 1 Muharam 1439 Hijriah kepada seluruh umat Islam. Momentum ini diharapkan semakin memampukan kita sekalian dalam meningkatkan amal bakti dan kesholehan kepada Tuhan yang Maha Esa, serta konstribusinya bagi pembangunan daerah tercinta ini.

Dikatakan Silangen, peringatan Tahun Baru 1 Muharam merupakan peristiwa bersejarah yang penuh dengan nilai-nilai spritual didalamnya terkandung makna dan keteladanan untuk sebuah pengorbanan sejati yang merepresentasikan perlawanan akan kebathilan sekaligus kosistensi dalam mengedepankan kepentingan umat dari misi kepentingan apapun, pemahaman itu wajib direspon oleh segenap umat Islam dengan terus mengaplikasikan pola hidup kearah yang lebih baik, dalam ruang lingkup pribadi, keluarga, bermasyarakat maupun bernegara.

“Sebagaimana tercermin dari Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, yang menjadi titik awal perhitungan kalender Islam Tahun 1439 Hijriah dalam semangat perjuangan untuk menghadapi berbagai tantangan masa depan dengan penuh harapan,” ujar Silangen.

Lanjutnya, di era modernisasi dan perkembangan teknologi yang semakin kompleks dapat membawa berbagai ekses negatif dewasan ini, tentunya dasar iman yang kokoh mutlak diperlukan oleh segenap umat manusia, agar tidak terbawa arus dengan ajaran yang sesat, bahkan terjerumus dalam kehidupan duniawi. Oleh karena itu peringatan 1 Muharam 1439 H saai ini menjadi wahana strategis bagi segenap muslimin dan muslimat untuk merefleksikan kembali tingkat keimanan bahkan implementasi dampak positif dari iman yang dimiliki dalam kehidupan.

Silangen mengungkapkan, guna menambah konstruktif kebersamaan ini, hendaknya peringatan tahun baru 1439 H ini dijadikan sebagai momentum untuk memahami makna dan nilai yang terkandung dalam peristiwa hijrah,sebagai panduan dalam merebut masa depan dengan memperkokoh landasan aqidah ahlak dan moral, juga sebagai wadah perubahan dan pembaharuan diri terhadap pola prilaku maupun pola hidup yang mampu menjadi teladan bagi banyak orang serta tekad dan semangat baru dalam mewujudkan hari esok yang lebih baik dari hari ini sebagaimana telah diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat melakukan hijrah.

Silangen menambahkan, semangat yang tercipta dalam nuansa kebersamaan ini mampu memantapkan modal hidup yang menjunjung tinggi 4 pilar kebangsaan yakni UUD1945, Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam setiap lini kehidupan bermasyarakat yang nantinya bermuara pada terciptanya harmonisasi kehidupan yang rukun dan damai dalam bingkai serta tali persaudaraan dan persatuan di tengah-tengah kehidupan, dalam bingkai pemahaman “Torang Samua Ciptaan Tuhan”, demi terwujudnya Sulawesi Utara yang Berdikari dalam Ekonomi, Berdaulat dalam Politik dan Berkepribadian dalam Budaya,.

Pada acara tersebut, Silangen atas nama Pemprov Sulut, memberikan bantuan sebesar Rp.200 Juta untuk pembangunan Masjid Raya Ahmad Yani Manado

Hadir dalam acara Bupati Bolaang Mongondow Selatan Herson Mayulu, Ketua Umum PHBI Syahrul Poli, Asisten II Pemprov Sulut Rudy M Mokoginta, perwakilan Forkopimda Sulut, Ketua PHBI Kota Manado Amir Liputo, dan Ketua panitia Macmud Turuis, serta jamaah Masjid Raya Ahmad Yani Manado. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment