Gubernur Olly: Pimpinan Gereja Harus Paham Pancasila

SAG Sulutteng
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, ketika menghadiri seminar SAG Sulutteng.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menghadiri seminar Sinode Am Gereja-Gereja Sulawesi Utara dan Tengah (SAG Sulutteng) yang dilaksanakan di Graha Gubernuran, Sabtu kemarin.

Olly dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka mempertahankan Pancasila dan Negara Kesatuan Indonesia.

Terkait 4 Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, memiliki kedudukan yang sederajat, dan setiap pilar memiliki tingkat fungsi dan konteks.

“Pancasila sebagai idiolog negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jangan pimpinan gereja tidak paham Pancasila sehingga menafsir dan menerjemahkan yang salah kepada jemaat. Pimpinan gereja harus paham akan Pancasila dan harus bersinergi dengan pemerintah menerangkan kepada masyarakat tentang bagaimana hidup berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI karena pemerintah wakil Allah di dunia,” ujar Olly.

Pentingnya idiologi menurut Olly, karena merupakan sebuah meja statis sebagai dasar pijakan yang terdiri dari elemen yang ada pada jiwa bangsa, dan merupakan sebuah leitstar dinamis, sehingga idiologi menjadi penuntun arah berbangsa dan bernegara.

“Kedepan kita akan mengelar kongres pancasila yang akan diprakasai SAG Sulutteng dan akan dihadiri pemimpin-pemimpin bangsa kita. Kita harus tetap bersatu dalam tekad dan komitmen untuk menggelorakan dan meneguhkan semangat pencasila mempatrikan dalam diri kita. Saya adalah Indonesia, saya adalah Pancasila, sehingga nilai-nilai norma dan sikap idialisme bangsa tidak terkikis dan tetap terjaga,” tukas Olly.

Sementara Ketua Panitia, Roy Roring, mengatakan tujuan kegiatan ini agar gereja-gereja yang menjadi anggota SAG Sulutteng tidak terpecah pecah, dan semakin mewujudkan keesaan gereja sebagaimana tujuan PGI yaitu, menghadirkan gereja Kristen yang esa di Indonesia untuk dapat mengambil bagian dalam pembangunan bangsa mempertahankan Pancasila dan Keutuhan NKRI, demi kesejahteraan jemaat dan masyarakat pada umumnya.

Hadir pada acara tersebut, MPH PGI Pdt. Jeiri Sumampow S.Th, Sekjen SAG Sulutteng Pdt. Lamberti Mandagi M.Th, 13 Ketua Sinode SAG Sulutteng, Ketua STAKN Manado Pdt DR. Jeane Tulung M.Pd. (ton)